Cara Kerja Balancing Machine atau Mesin Balancing

Mesin balancing (Balancing Machine) merupakan alat pengukuran yang digunakan untuk menyeimbangkan setiap bagian mesin yang berputar seperti motor listrik pada mesin, turbin, rem cakram, kipas, baling-baling, pompa dan ban. Mesin ini biasanya terdiri dari dua alas atau dudukan yang kuat biasanya terbuat dari besi atau baja yang dilengkapi dengan suspense dan bearing yang berfungsi agar poros perputaran sesuai terhadap sumbu porosnya.

Benda yang diuji diletakkan diatas landasan atau dudukan kemudian diputar menggunakan pita mesin, tekanan udara, atau diputar secara manual melalui kemudi. Setiap bagian mesin yang berputar, getaran pada suspense akan terdeteksi oleh sensor. Informasi dari sensor ini akan digunakan untuk mengetahui nilai ketidakseimbangan pada bagian yang diuji.

Selain informasi yang diberikan oleh sensor, balancing machine atau mesin balancing juga dapat menentukan berapa banyak bobot dan juga menambahkan atau mengurangi jumlah bobot untuk menyeimbangkan bagian yang diukur.

Balancing Machine / Mesin Balancing

Ada 2 jenis mesin balancing yaitu hard bearing dan soft bearing. Perbedaannya bukan terletak pada bagian bearing tetapi pada suspensinya.

Pada mesin balancing jenis hard-bearing, mampu menyeimbangkan bagian yang diuji pada frekuensi yang lebih rendah daripada frekuensi resonansi yang terdapat pada suspensi. Sedangkan pada balancing machine jenis soft-bearing, mampu menyeimbangkan benda yang diuji dengan frekuensi yang lebih tinggi daripada frekuensi resonansi pada suspensi. Kedua jenis mesin ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mesin hard-bearing umumnya lebih fleksibel dan dapat menangani banyak bagian dengan bobot yang bervariasi, karena mesin balancing ini dapat mengukur pengaruh sentrifugal dan hanya membutuhkan 1 kali kalibrasi saja. Maka dari itu, mesin ini sangat cocok untuk mesin produksi kapasitas low dan middle, dan juga untuk bengkel perbaikan.

Sedangkan mesin balancing soft bearing sangat tangguh untuk menyeimbangkan rotor yang berat. Pengerjaan mesin ini untuk jenis rotor tunggal sangat membutuhkan banyak waktu karena harus melakukan kalibrasi di setiap bagiannya. Maka dari itu, mesin ini sangat cocok untuk mesin dengan kapasitas produksi yang cukup tinggi.

Mesin hard dan soft bearing dapat mengurangi berat secara otomatis seperti pada mesin pengeboran atau penggilingan, tapi hard bearing lebih kuat dan lebih sering dipakai. Kedua mesin ini dapat diintegrasikan untuk produksi dan mengangkat beban menggunakan gantry atau lengan robot, disini peran manusia sangat sedikit.

Cara Kerja Mesin Balancing

Bagian mesin yang berputar bertumpu pada bearing dan sensor getaran melekat pada suspense. Pada mesin tipe soft-bearing kebanyakan menggunakan sensor velocity (kecepatan). Sensor ini berfungsi dengan menggerakan magnet yang terhubung dengan tujuan untuk menjaga kumparan agar tetap stabil sehingga menghasilkan tegangan yang sebanding dengan kecepatan pada getaran.

Photocell (kadang disebut phaser), proximity sensor atau encoder digunakan untuk menentukan kecepatan rotasi, sangat baik untuk menentuk setiap fase pada bagian yang berputar. Informasi fase ini digunakan untuk menyaring informasi getaran dengan tujuan untuk menentukan jumlah pergerakan ataupun tekanan pada setiap bagian yang berputar. Dan juga perbedaan waktu antara fase dan puncak getaran akan menghasilkan sudut dimana terjadinya ketidakseimbangan. Jumlah unbalance atau ketidakseimbangan dan sudut ketidaksemibanganan maka akan menghasilkan vector ketidakseimbangan.

Semua data pengukuran pada mesin balancing bisa dilihat melalui monitor yang terpasang pada mesin cabinet. Biasanya sudah dilengkapi dengan printer untuk mencetak hasil pengukuran benda pada balancing machine.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan alat-alat pengujian menjual Balancing Machine atau mesin balancing dengan kualitas terbaik. Informasi pemesanan silakan hubungi tim kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Cara Kerja Balancing Machine atau Mesin Balancing

TMR Balancer 1 Ton
TMR Balancer 1 Ton
TMR Balancer 3 Ton.
TMR Balancer 3 Ton.
TMR Balancer 2 Ton.
TMR Balancer 2 Ton.
Balancing 1 Ton
Balancing 1 Ton