Cara Menguji Kepadatan Tanah dengan Mudah dan Cepat

Pemadatan tanah merupakan proses yang dilakukan pada awal pembangunan infrastuktur dan konstruksi. Pemadatan tanah dilakukan dengan mengambil tanah baru lalu diratakan menggunakan alat berat seperti tandem roller, bulldozer dan masih banyak lagi.

Tujuan dilakukannya pemadatan adalah untuk menaikan daya dukung tanah, memperkecil daya rembesan air dan memperkecil pengaruh air terhadap tanah. Proses pemadatan tanah juga bermanfaat untuk memperkuat daya dukung pondasi.

Selain itu, dengan pemadatan tanah maka proses perkerasan jalan aspal dapat berjalan sempurna sehingga pembuatan jalan aspal menjadi lebih rata dan tanah lama.

Setelah dilakukan pemadatan, tahap selanjutnya harus dilakukan pengujian. Pengerjaan pemadatan yang terburu-buru terkadang membuat tanah bagian dalam mengalami kekosongan atau kopong. Tentunya akan sangat bahaya jika kondisi terebut tidak diketahui karena dapat menyebabkan penurunan yang lebih cepat sehingga lapisan tanah atas cepat rusak atau berlubang.

Untuk menguji pemadatan tanah biasanya diambil sampel tanahnya kemudian dibawa ke laboratorium. Tapi sekarang, uji kepadatan tanah ini bisa dilakukan di lapangan menggunakan alat yang disebut HMP PDG (The Static Plate Load Tester). HMP PDG adalah sebuah alat modern yang digunakan untuk menguji kepadatan tanah dari permukaan.

 

Alat Kepadatan Tanah

Alat uji kepadatan tanah ini memiliki beberapa sensor untuk membantu pengujian pada tanah, merangkai alat ini pun sangat mudah bisa dilakukan cukup satu pekerja saja. Letakan plat besi yang berbentuk lingkaran diatas tanah, plat besi tersebut memiliki sensor untuk merekam pada saat pengujian.

 

Sumber gambar : www.youtube.com

Kemudian dari plat besi disambungkan dengan tabung hidrolik untuk di pasangkan dengan alat berat yang difungsikan sebagai beban. Kemudian sambungkan kabel dari tabung hidrolik dengan pompa hidrolik

Cara kerja alat ini sangat mudah, hidupkan layar untuk membaca pengujian. Lalu tekan pompa hidrolik tersebut hingga besi yang didalam hidrolik menekan dengan tanah terdapat sensor pada plat besi yang membantu membaca penurunan ketika sedang dilakukan pengujian.

Maka data pengujian langsung bisa dilihat pada layar monitor, hasil pengujian akan langsung tersimpan secara otomatis. Data pengujian bisa langsung di print untuk dilakukan analisa ataupun dapat dipindahkan dengan menggunakan usb flashdisk.

Jika Anda berminat ? Testing Indonesia jual alat uji kepadatan tanah HMP PDG ini, informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Cara Menguji Kepadatan Tanah dengan Mudah dan Cepat

HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
Rp. 180.000.000
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP SON
HMP SON