Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Cara Pemakaian Vickers Hardness Tester

Uji kekerasan (hardness test) dilakukan untuk menganalisa ketahan dan tingkat kekerasan pada suatu benda atau material. Salah satu jenis uji kekerasan yang paling sering digunakan yaitu vicker hardness. Sebagai alat bantunya menggunakan vickers Hardness tester.

Vickers Hardness Tester

Vickers Hardness Tester

 

Cara Pemakaian Vickers Hardness Tester

Pada pengujian ini material yang diukur berupa roda kompresor pada turbocharger. Prinsip dasar pengujian ini sangat sederhana yaitu indentor yang berbentuk pyramida menekan bagian material yang diuji dan kemudian dievaluasi bagian permukaan material yang mengalami indentasi setelah diberi penekanan yang telah ditentukan besar gayanya.

Tahap pertama, mengambil indentor yang berbentuk prima atau pyramid kemudian pasang pada mesin Vickers hardness tester. Kemudian letakan benda atau material yang akan diuji, dalam hal ini benda ujinya adalah roda compressor. Letakkan benda tersebut diatas meja pengujian, lalu putar lensa mikroskop kea rah roda compressor tersebut.

Kemudian atur ketinggian meja uji dan sesuaikan tingkat fokus antara mikroskop dengan benda uji. Hal ini bisa dilihat melalui monitor display sambil mengatur tinggi meja ujinya.

Kemudian tekan tombol start maka indentor pyramid akan turun secara perlahan. Perhatikan monitor, akan terlihat nilai gaya penekanan yang terus meningkat hingga mencapai batas gaya yang telah ditentukan sebelumnya.

Setelah itu, putar mikroskop pada wilayah yang diberi penekanan tadi. Kemudian perbesar tampilan layer menggunakan tombol control pembesar pada mesin vicker hardness tester untuk mengukur sudut lekukan dengan membuat garis sehingga ukuran Panjang diagonalnya bisa ditentukan dengan mudah.

Nantinya, hasil pengukuran Vicker hardness akan terhitung secara otomatis menggunakan software yang ada di dalamnya. Disitu akan terlihat nilai pengukuran untuk uji kekerasan roda compressor sebesar 125 HV. Untuk lebih jelasnya silakan lihat video dibawah ini :

 

 

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyedia alat pengujian menjual vickers hardness tester dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Selain itu, kami juga menyediakan produk Portable Hardness Tester untuk uji kekerasan di lapangan. Informasi pemesanan dan konsultasi silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 085740652657, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Cara Pemakaian Vickers Hardness Tester

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV