Coating Testing Cat Pada Mobil

Coating Testing atau dalam bahasa Indonesia disebut pengujian lapisan ini adalah suatu metode dengan bantuan alat untuk menguji suatu lapisan benda seperti cat,minyak, dan lapisan lainnya. Untuk pengujian yang akan kita bahas kali ini adalah pengujian lapisan pada cat mobil.

Yang dapat diukur atau diuji dari bahan cat ialah viskositasnya. Secara definisi, viskositas merupakan sebuah pengukuran dari ketahanan fluida yang diubah dengan tekanan maupun tegangan. Masalah yang sering timbul pada viskositas ini adalah dari ketebalannya maupun pergesekan internal. Oleh karena itu, air yang tipis biasanya memiliki viskositas lebih rendah dibandingkan dengan madu yang tebal memiliki viskositas yang tinggi. Mudahnya, semakin rendah viskositas suatu fluida maka semakin besar pergerakan dari fluida itu sendiri.

viscositas

Uji Viskositas Cat Dengan Coating Testing 

Nah, sudah tahu kan apa itu viskositas? Karena yang kita akan uji adalah viskositas dari cat pada mobil. Saya akan memberitahu apa sih pengujian viskositas itu dan bagaimanakah caranya?

Pengujian viskostas atau lebih dikenal dengan sebutan viscosity testing adalah sebuah cara pengujian kekentalan cairan seperti cat, oli, minyak, dan masih banyak cairan lainnya. Nilai viskositas dari cat merupakan faktor penting untuk menentukan hasil dari cat tersebut. Misalnya, jika kita menggunakan cat yang nilai viskositasnya lebih rendah dibanding nilai normal, maka cat akan menetes dan mengalir pada lapisan yang membuat hasil dari cat menjadi buruk. Dan sebaliknya, jika nilai viskositas cat lebih tinggi daripada standar atau normal, maka lapisan cat akan cacat dan timbul bintik atau seperti pori-pori pada kulit jeruk.

Untuk itu, kita harus memerlukan alat yang bisa mendeteksi tingkat viskositas pada cat agar kuaiitas cat kita semakin baik dan tidak cacat. Saya merekomendasikan alat coating testing untuk menguji kualitas cat dari segi viskositasnya.

viskositas

 

sumber : http://tgcoatings.blogspot.co.id

Prinsip dari alat ini adalah berdasarkan waktu pengeluaran cairan yang akan diuji dalam volume tertentu melalui nozel. Untuk konvensional cat, biasanya memerlukan waktu tertentu (dalam detik) dari jumlah cairan uji yang mengalir secara kontinu melalui nozel kalibrasi viskometer. Dan tersedia untuk variasi jumlah dan ukuran nozel pada cairan yang berbeda atau memiliki standar yang berbeda.

Testing Indonesia adalah perusahaan terpercaya penyedia alat pengujian di Indonesia. Kami menjual alat coating testing untuk menguji lapisan cat pada mobil dan cairan lainnya seperti minyak, serta alat pengujian lapisan lainnya seperti coating thickness gauge. Tentunya, dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa menghubungi kami melalui nomor telepon yang tertera pada website kami atau menghubungi customer service kami langsung melalui chatting interaktif yang berada di bawah pojok kanan website ini.




Produk Terkait dengan artikel Coating Testing Cat Pada Mobil

Digital Surface Profile Gauge NOVOTEST SP-1
Digital Surface Profile Gauge NOVOTEST SP-1
Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1
Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1
Dew Point Meter NOVOTEST KTR-1
Dew Point Meter NOVOTEST KTR-1
Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1M
Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1M