Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Coating Thickness Gauge, Menguji Ketebalan Cat Dengan Akurat

Apa sih coating thickness gauge? Sebelum membahas itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang media yang diukurnya yaitu cat. Sudah tentu, kalian semua mengetahui apa itu cat kan? Karena mungkin di setiap rumah anda terdapat cat untuk menghiasi dan melindungi dinding rumah anda. Oleh karena itu, dengan seiringnya perkembangan pembangunan di kota maupun desa, tingkat penggunaan cat pun semakin meningkat untuk menghiasi sekaligus melindungi bangunan anda.

Secara umum definisi cat adalah produk yang dibuat dengan tujuan untuk melindungi dan memperindah suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan berpigmen maupun tidak bewarna (pernis). Tidak hanya itu, cat juga sering dijadikan suatu karya seni yang sangat tinggi nilai jualnya. Karena, kegunaannya yang tidak hanya pada dinding rumah melainkan pada setiap objek misalnya pada kendaraan, karya seni, untuk kegiatan industri, dan masih banyak lagi kegunaan dari cat.

Cat

Sumber : americanfederalperiod.com

Tetapi, cat bisa mengalami penipisan dan cara mencegahnya adalah dengan menggunakan produk cat yang baik (sudah teruji) lalu melakukan metode pencampuran dengan bahan lainnya dengan perbandingan 70% : 30% sehingga cat yang dicampurkan harus lebih banyak dari bahan pencampurnya agar cat menjadi tahan lama dan tidak cepat mengalami penipisan.

Lalu, bagaimana cara melihat cat sedang mengalami penipisan atau sudah menipis? Sebenarnya, bisa saja kita amati langsung keadaan cat pada suatu objek tersebut namun hasilnya juga tidak efektif dan tidak akurat. Dengan menggunakan coating thickness gauge kita bisa melihat ketebalan cat tersebut dengan efektif dan akurat sehingga kita dapat memperkirakan berapa lama cat itu akan bertahan (tidak mengelupas).

Coating thickness gauge merupakan sebuah alat ukur professional dan teruji untuk mengukur ketebalan cat dengan praktis. Di desain khusus untuk pengukuran lapisan non-destruktif dan mampu melakukan pengukuran dengan cepat dan akurat dengan pengukuran ketebalan yang presisi. Kegunaan dari coating thickness gauge untuk mendeteksi ketebalan pada cat pada suatu permukaan objek yang di cat, contoh untuk cat stoving standar biasanya melakukan pengujian ketebalan cat berkisar 35-55mm.

mengukur ketebalan cat

Sumber : paintthicknessgauges.com

Coating Thickness Gauge

Cara untuk menggunakan alat coating thickness sangatlah mudah yaitu:

  1. Cukup tempelkan alat coating thickness gauge pada objek yang di cat
  2. Kemudian, akan terlihat angka pada layar display
  3. Setelah di tempelkan beberapa menit lalu data-data hasil pengukuran akan telihat pada layar display
  4. Memiliki tingkat keakuratan yang tinggi hingga ±0,1 mm, sehingga kemungkinan untuk salah sangat kecil.

Merawat alat ini juga sangat simple dan mudah dengan cara :

  • Melepas baterai dari alat jika tidak digunakan, untuk mencegah kebocoran baterai
  • Membersihkan alat cukup dengan kain kering, jauhkan dari air dan tidak boleh basah terutama pada bagian sensor
  • Simpan alat di tempat yang kering, tidak boleh terlalu lembab dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Testing Indonesia adalah perusahaan penyedia alat pengujian di Indonesia, menjual alat digital coating thickness gauge dan coating thickness meter untuk menguji (tester) kualitas dan ketebalan cat dengan kualitas terbaik dan tentunya dengan harga terjangkau. Untuk informasi lebih lengkap anda bisa langsung menghubungi kami melalui nomor telepon yang tertera di website ini atau menghubungi tim kami langsung melalui chatting interaktif di bawah pojok kanan website ini.




Produk Terkait dengan artikel Coating Thickness Gauge, Menguji Ketebalan Cat Dengan Akurat

Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1
Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1
Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1M
Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1M
TIME2510 Coating Thickness Gauge
TIME2510 Coating Thickness Gauge
Rp. 13.906.389
TIME2501 Coating Thickness Gauge
TIME2501 Coating Thickness Gauge
Rp. 11.114.197