Crack Meter, Alat Ampuh untuk Memantau Retak pada Terowongan

Saat ini saranan transportasi sudah semakin beragam untuk mengurangi kemacetan akibat penumpukan kendaraan pada jam sibuk. Sekarang ini, pemerintah telah membangun Mass Rapit Transit (MRT) yaitu kereta bawah tanah yang beroperasi lewat jalur khusus berupa terowongan.

Pembangunan terowongan MRT memakan waktu yang panjang karena harus menggali tanah dengan kedalaman tertentu sesuai dengan batas aman pembangunan. Selain itu, pembuatan terowongan harus melalui perhitungan yang matang agar ketika hujan besar terowongan MRT ini tidak terendam banjir.

Selain itu keretakan pada dinding terowongan juga bisa membuat terowongan menjadi banjir karena rembesan air, jika retakan pada terowongan terus dibiarkan maka tanah pada sekitar terowongan akan bisa jatuh karena memikul beban tanah dan membuat akses kendaraan MRT menjadi terganggu.

Biasanya masuknya air karena terjadi retakan pada dinding bangunan yang disebabkan kurangnya mutu material dari pembangunan sehingga terjadi retakan ketika menerima getaran yang dihasikan oleh kereta.

Sedangkan di dalam terowongan tidak selalu ada orang atau pekerja yang mengawasi untuk melakukan pemantauan pada setiap dinding terowongan. Namun retakan pada dinding bisa di pantau dengan menggunakan alat Crack meter, sehingga ketika retakan mencapai titik batas tertinggi maka alat ini akan bekerja untuk memberikan sinyal.

Crack Meter

Sebelum memasang crackmeter maka dinding harus dibor terlebih dahulu kemudian pasangkan alat ini untuk memantau keretakan yang terjadi. Crack meter disambungkan pada data logger, untuk menganalisa data yang diterima maka harus menggunakan software khusus yang terpasang di perangkat laptop.

Namun, untuk pemasangan crack meter dan menganalisa data dibutuhkan tenaga ahli agar tidak terjadi kesalahan. Jika sudah dianalisa penyebab keretakan maka bisa dilakukan perbaikan dinding dengan cara sistem suntik atau injeksi pada dinding agar menjadi rapat kembali.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia alat uji menjual crack meter dengan kualitas terbaik. Selain itu kami juga melayani jasa monitoring system menggunakan crack meter yang didukung tenaga ahli dan berpengalaman.

Informasi lebih jelasnya silakan hubungi tim kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau chating dengan kami melalui fitur chating online yang ada di pojok bawah website ini.