Flaw Detector, Metode Deteksi Cacat Material yang Paling Lama Digunakan

Flaw Detector merupakan perangkat pengujian untuk mendeteksi adanya cacat pada material atau spesimen. metode deteksi cacat material menggunakan perangkat ini merupakan metode yang paling tua dan yang paling sering digunakan sejak tahun 1940-an. pengujian flow Detector dapat memberikan kemudahan dalam mendeteksi cacat pada setiap material baik yang berukuran tipis ataupun besar.

Flaw detector biasanya diterapkan untuk beberapa jenis pengujian seperti uji keretakan, ndt, heat redduction dan lainnya sesuai dengan tipe material yang diuji.

Ada dua jenis flow Detector yaitu:

Ultrasonic flaw Detector

pengujian ini menggunakan alat yang memanfaatkan gelombang ultrasonik mendeteksi adanya cacat pada material. beberapa manfaat lain dari pengujian Ultrasonic flaw detector yaitu mendeteksi adanya keretakan, void, porositas dan diskontinuitas di dalam material seperti logam, plastik, komposit dan keramik.

Keuntungan dari Ultrasonic flaw Detector adalah dapat mendeteksi cacat pada permukaan cepat dan akurat tanpa harus melakukan pengujian lagi.

Prinsip kerja Ultrasonic flaw Detector

prinsip dasar yang digunakan dalam pengujian ultrasonik yaitu menggunakan rambatan gelombang ultrasonik dipancarkan oleh transduser pada material, lalu gelombang baliknya ditangkap oleh receiver. Jika terjadi cacat pada material maka akan terjadi perbedaan pada perambatan gelombang ultrasonik.

 

 

Kelebihan Ultrasonic flaw Detector

dapat mendeteksi cacat dengan mudah melalui layar display

dapat mendeteksi cacat pada benda atau material dengan kedalaman hingga 9999mm

Ultrasonic flaw detector sangat cocok d digunakan untuk menguji material yang berukuran besar dengan resolusi yang tinggi.

Magnetic Flaw Detector

alat ini digunakan untuk mendeteksi adanya keretakan pada permukaan atas dan permukaan bawah berbagai jenis material feromagnetik dengan memanfaatkan arus magnet. Biasanya alat ini dipakai untuk menguji sambungan las pada pipa.

Prinsip kerja magnetic flow Detector

prinsip dasarnya dengan membentuk medan magnet pada material yang di uji kemudian dideteksi Apakah ada pembentukan medan magnet baru ( Medan yang bocor ).

Kelebihan magnetic flow Detector

alat ini dapat menguji cacat pada material ditempat atau sudut terkecil sekalipun.

alat ini mudah dibawa mana saja karena sifatnya portable.

tidak perlu melakukan banyak persiapan sehingga menghemat waktu.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia berbagai alat pengujian dan pengukuran menjual Ultrasonic Flaw Detector dengan kualitas terbaik. Informasi lebih jelasnya silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 085740652657, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Flaw Detector, Metode Deteksi Cacat Material yang Paling Lama Digunakan

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 97.021.403
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 126.007.010