Fungsi Load Cell dalam Pengujian Balok Precast

Dalam menentukan kekuatan suatu struktur bangunan biasanya dilakukan pengujian berupa maksimal dan minimal beban yang dapat ditahan. Pengujian ini biasanya dilakukan ketika bangunan sudah berdiri kokoh walaupun belum selesai, ada juga pengujian yang dilakukan ketika bangunan tersebut sudah rampung atau selesai.

Pengujian pada awal pembangunan biasanya menguji kekuatan dari balok-balok precast. Pembangunan menggunakan balok precast dapat mempercepat pengerjaan, meskipun balok precast dibuat dengan mutu yang tinggi namun tetap harus dilakukan pengujian agar sesuai dengan standart yang telah ditentukan.

Untuk menguji kekuatan dari precast itu sendiri menggunakan sebuah alat yang disebut load cell, fungsi dari alat ini yaitu untuk membaca kekuatan dan regangan yang terjadi pada balok tersebut.

Load Cell

Load cell merupakan alat yang banyak digunakan untuk menguji pembebanan dengan memanfaatkan sensor dari strain gages.

Sumber gambar : www.ascelibrary.org

Proses Pengujian Kekuatan Balok Precast Mengguankan Load Cell

Balok precast disusun dengan cara di tumpuk dengan mengunakan bantuan alas baja pada setiap ujung sebagai tumpuannya, lalu pada balok precast beri beban alas balok baja, kemudian pasangkan load cell dan tambah beban lagi. Sambungkan kabel Load cell, strain gages, dan lvdt dengan kabel data logger dan tmr. Fungsi dari data logger dan tmr adalah untuk mengkonversi dari pengujian kedalam angka.

Lalu sambungkan dengan perangkat laptop untuk memantau lendutan, rengangan yang terjadi pada balok beton tersebut dengan bantuan software khusus. Setelah mendapatkan data dari pengujian dapat dilakukan perhitungan serta analisa agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia alat pengujian menjual Load Cell dengan kualitas terbaik. Informasi pembelian Load Cell silakan hubungi nomor telepon yang tertera di website ini atau chat dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Fungsi Load Cell dalam Pengujian Balok Precast

Load Cells (VW)
Load Cells (VW)
Load Cells (Electrical Resistance)
Load Cells (Electrical Resistance)
Tension Load Cells (VW)
Tension Load Cells (VW)
Instrumented Rockbolts (VW)
Instrumented Rockbolts (VW)