Fungsi Piezometer dalam Pembangunan Bore Pile (Tiang Pancang)

Untuk membuat bangunan bertingkat tentunya kita harus menentukan jenis pondasi terlebih dahulu agar dapat menahan beban pada gedung. Pondasi memiliki banyak jenis seperti pondasi tiang pancang, pondasi tapak dan lainnya. Jika membangun gedung namun daya dukung tanah tidak mendukung, alangkah baiknya untuk memilih Pondasi Bore Pile.

Pondasi ini berbentuk silinder yang dibuat di dalam tanah dengan cara dibor hingga kedalaman tertentu dan dimasukan tulangan kemudian dilakukan pengecoran hingga penuh. Pondasi Bore Pile merupakan pondasi yang dibuat dengan cara menentukan bagian dasar tanah yang memiliki daya dukung yang kuat untuk menopang berat bangunan bertingkat.

 

Sumber gambar : kellerholding.com

Pengeboran Tanah untuk Bore Pile

Untuk membuat pondasi bore pile, harus dilakukan pengeboran menggunakan bantuan alat berat agar lebih mudah dan lebih cepat. Pegeboran dilakukan dengan mata bor spiral hingga kedalaman tertentu, kemudian bor diangkat jika telah mencapai kedalaman 50 cm agar mata bor dapat dibersihkan dari tanah galian, lalukan metode ini berulang kali agar tanah yang dibawa mata bor tidak jatuh kedalam lubang.  Kemudian, bagian lubang dibersihkan untuk membuang sisa-sisa tanah yang runtuh dari dinding lubang.

 

Pemasangan Piezometer pada Lubang Galian

Tujuan pembersihan pada lubang galian yaitu supaya proses pengujian tanah menggunakan piezometer menjadi lebih mudah dan lancar, karena tanah yang masih tertinggal di dalam lubang dapat menghambat sensor piezometer pada alat pengujian sehingga perhitungan dan pengukuran menjadi tidak akurat.  

Piezometer itu sendiri berfungsi untuk mengetahui daya dukung  dan tekanan pada muka air tanah. Caranya, piezometer cukup dijatuhkan kedalam lubang bore pile dan dilakukan penimbunan pasir halus untuk menjadi filter alami.

>>>Mau Beli Piezometer? Klik Disini<<<

Piezometer akan membaca tekanan air dan catat pengujian tersebut untuk selanjutnya dilakukan analisa, kemudian bersihkan lubang bore pile tadi dan pasang besi tulangan untuk memperkuat daya dukung pondasi setelah itu lakukan pengecoran dengan merata hingga penuh.

Pengecoran dilakukan dengan bantuan pipa tremi agar cor sampai kedasar lubang sehingga tidak menghendap ditengah lubang dan kemungkinan untuk keropos juga semakin berkurang. Pondasi bore pile siap selesai dibangun, selanjutnya tinggal membangun struktur yang lainnya.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia peralatan pengujian, menjual piezometer dengan kualitas terbaik. Untuk pemesanan dan informasi lebih detailnya silakan hubungi langsung tim kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara langsung dengan kami menggunakan fitur chating online yang ada di pojok bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Fungsi Piezometer dalam Pembangunan Bore Pile (Tiang Pancang)

Standard Piezometers (VW)
Standard Piezometers (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)