Fungsi Piezometer untuk Pembangunan SPBU

Piezometer - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau yang biasa disebut pom bensin di bangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mendapatkan bahan bakar yang murni langsung dari Pertamina .

SPBU menyediakan berbagai jenis bahan bakar untuk roda dua dan roda empat seperti premium, pertalite, dan pertamax. Sedangkan untuk truck, bus dan kendaraan lainnya yang menggunakan mesin diesel menggunakan bahan bakar jenis solar.

Dalam membangun pom bensin memang tidak mudah karena jika sedikit kesalahan maka dapat menyebabkan kebocoran pada pipa penampungaan. Wadah penampungan bensin menggunakan tabung baja yang ditanam di dalam tanah.

Sumber gambar : www.danyadna.wordpress.com

Pemasangan Tanki SPBU

Sebelum dilakukan penggalian pada tanah yang akan dibangun SPBU, maka tanah tersebut harus diamati terlebih dahulu menggunakan Piezometer untuk mengetahui muka air tanah. Hal ini dikarenakan tangki nantinya akan ditimbun ke dalam tanah maka pengamatan harus dilakukan untuk menghindari rembesan air yang keluar dari tanah yang bisa saja menyebabkan korosi lebih cepat pada tangki penyimpanan.

Setelah kondisi muka air tanah diketahui dari alat piezometer maka tahap selanjutnya tanah digali dengan kedalaman yang sudah di rencanakan, lalu tangki diletakan kedalam tanah yang sudah digali tersebut. Kemudian dilakukan penyambungan pada tangki untuk bisa disalurkan ke tempat pengisian. Tangki penyimpanan harus dilakukan pengecatan dengan cat khusus agar tidak mengalami karat karena suhu yang labil di dalam tanah.

Tempat penyimpanan bahan bakar ada 2 jenis yang berukuran besar dan kecil, setiap jenis penampungan memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Misalkan, masyarakat lebih menyukai menggunakan bahan bakar premium atau pertalite maka tangki penyimpanan untuk kedua bahan bakar tersebut dibuat lebih besar ketimbang penyimpanan bahan bakar pertamax atau solar.

Dalam pengisian dari mobil tangki bahan bakar ke dalam tabung haruslah hati-hati agar tidak menimbulkan kebocaran yang dapat menimbulkan kebakaran sehingga membahayakan pengunjung SPBU. Setelah pengisian bahan bakar, tangki penampungan ditutup rapat agar tidak terkena pengaruh udara dan kotoran dari luar tangki.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia peralatan pengujian menjual instrument geoteknik Piezometer dengan kualitas terbaik. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Fungsi Piezometer untuk Pembangunan SPBU

Standard Piezometers (VW)
Standard Piezometers (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)