Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Gauss Meter, Alat Terbaik untuk Mengukur Arus Magnet pada Material

Magnet merupakan suatu gaya yang mampu menarik partikel yang terbuat dari bahan tertentu seperti baja, nikel, alumunium, kuningan dan tembaga. Golongan benda yang partikelnya dapat ditarik oleh medan magnet disebut ferromagnetic dan para magnetic. Sedangkan benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet disebut diamagnetic.

Kekeuatan dari medan magnet itu sendiri terjadi akibat perpindahan arah dari kutub utara menuju kutub selatan. Namun, kekuatan magnet ada yang bersifat permanen da nada juga yang sementara. Biasanya medan magnet akan hilang jika dipanaskan dengan temperature yang tinggi, dibanting dan dibenturkan dengan benda lain.

Jenis – Jenis Magnet

Permanen Magnet

Jenis magnet ini bersifat permanen dengan nilai kekuatan magnet mencapai 14000 gauss, sedangkan nilai paling rendahnya sekitar 2000 gaus

Temporary Magnet

Jenis magnet ini bersifat sementara saja, biasanya dimiliki oleh benda yang terbuat dari besi.

Electromagnetic

Jenis magnet ini terjadi akibat adanya induksi elektromagnetk melalui aliran listrik.

Dalam dunia industri, mengetahui besarnya arus atau medan magnet pada suatu benda sangatlah penting karena tentunya berpengaruh terhadap aktivitas produksi. Maka dari itu, dibutuhkan alat bernama Gauss Meter yang berfungsi untuk mengetahui besaran arus magnet pada partikel material.

Gauss Meter

Pengertian Gauss Meter

Dilihat dari namanya sudah jelas jika alat ini menggunakan satuan gauss untuk mengukur medan magnet pada benda. Selain mengukur besar arus magnet, alat ini juga dapat menentukan arah dan juga kekuatan magnet. Karena alat ini bersifat portable sehingga sangat mudah dibawa kapanpun dan kemanapun Anda pergi.

Jenis Gauss Meter

Skala

Gauss meter jenis ini berfungsi untuk mengukur kekuatan dan juga arah medan magnet yang ada di sekitar material atau benda.

Vektor

Sedangkan utnuk Gauss meter jenis vector berfungsi untuk menentukan arah medan magnet tergantung dari posisi dan arah material itu berada.

Cara Menggunakan Gauss Meter

Sebenarnya alat ini sangat mudah untuk digunakan. Pada Gauss meter terdapat sensor yang terhubung dengan kabel menuju monitor, fungsi dari sensor ini untuk menentukan medan magnet. Nyalakan Gauss meter kemudian tempelkan sensor pada material atau benda yang ingin diukur medan magnetnya. Nantinya akan terlihat nilai pengukuran pada layar monitor.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia peralatan pengujian menjual Portable Gauss Meter dengan kualitas terbaik. Informasi lebih jelasnya silakan hubungi kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.

Informasi pemesanan silakan Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0857 4065 2657, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Gauss Meter, Alat Terbaik untuk Mengukur Arus Magnet pada Material

Gaussmeter (magnetometer) NOVOTEST MF-1
Gaussmeter (magnetometer) NOVOTEST MF-1
Steel Structure Analyzer NOVOTEST KRC-M2
Steel Structure Analyzer NOVOTEST KRC-M2
Magnetic Flaw Detector (Magnetic Yoke) NOVOTEST MPD-DC
Magnetic Flaw Detector (Magnetic Yoke) NOVOTEST MPD-DC
TIME TCLF-J50D Low-Frequency Magnetic Flaw Detector
TIME TCLF-J50D Low-Frequency Magnetic Flaw Detector
Rp. 29.728.807