Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







HMP LFG : Alat Terbaik untuk Menentukan Daya Dukung Tanah

Jalan raya merupakan konstruksi yang dibuat untuk menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain. Umumnya pembuatan jalan raya menggunakan bahan dasar aspal dan cor beton karena tingkat kekerasannya mampu menahan beban kendaraan yang melintas.

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati dalam pembuatan jalan raya agar menghasilkan jalan dengan kualitas yang baik sehingga dapat bertahan lama walaupun sering dilewati kendaraan serta pengaruh cuaca.

Sayangnya, masih banyak kualitas jalan di Indonesia yang kurang bagus dan cepat rusak meskipun umur jalan masih terbilang baru. Hal ini dikarenakan masih jarang dilakukan penyelidikan tanah sebelum membangun suatu konstruksi jalan raya baik aspal maupun cor beton.

Penyelidikan tanah bertujuan untuk mengetahui karakteristik serta kepadatan tanah dan daya dukung tanah.

Ketika kita sedang melintasi jalan raya dan menemukan ada jalanan yang retak bahkan berlubang dan mengalami penurunan, itu merupakan salah satu contoh daya dukung tanah dan pemadatan tanah yang kurang baik. Akan sangat bahaya jika kondisi tersebut terus dibiarkan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Sejatinya masalah pada jalan raya tersebut dapat diatasi dengan melakukan penyelidikan tanah pada awal pembuatan perkerasan jalan raya, untuk mempermudah kepadatan permukaan tanah maka digunakan alat bantu yang sangat efesien yaitu HMP LFG atau Light Weight Deflectometer.

Alat daya dukung tanah lab kepadatanLFG, Alat Pengukur Daya Dukung Tanah

Alat ini berfungsi untuk mengukur kepadatan tanah, settlement dan daya dukung tanah. Cara kerja alat ini sangat sederhana yaitu plat besi (beban) ditempatkan pada area yang telah disiapkan untuk diuji dan mekasinisme pembebanan di posisikan pada pelat beban.

Sumber gambar : youtube.com

Ketika plat besi dilepaskan dan turun dengan bebas ke elemen tanah, mekanisme pembebanan menghasilkan beban impulsif yang ditentukan. Dengan demikian, settlement total tanah di bawah plat beban akan terukur.

Alat ini dapat langsung mencetak (print) hasil pengukuran baik dalam bentuk angka ataupun gelombang getaran. Selain itu, hasil pengukuran yang telah dilakukan dapat disimpan dan ditransfer melalui menu USB untuk dihubungkan dan dianalisa lewat perangkat laptop atau PC. Dengan menggunakan alat HMP LFG ini pengujian kepadatan dan daya dukung tanah menjadi lebih mudah dan cepat.

 

 

Jika Anda berminat untuk membeli HMP Ligh Weight Deflectometer (LFG) bisa langsung menghubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0822 5870 6420, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel HMP LFG : Alat Terbaik untuk Menentukan Daya Dukung Tanah

HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
Rp. 180.000.000
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP SON
HMP SON