HMP PDG : Alat Ampuh untuk Mengukur Kepadatan Tanah

Pembuatan konstruksi bangunan dan jalan raya sangat erat kaitannya dengan proses pemadatan dan pengujian tanah. Pemadatan tanah adalah suatu proses dimana udara pada pori-pori tanah akan dikeluarkan dengan cara ditekan dengan menggunakan alat berat.

Proses pemadatan tanah berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tanah, memperkecil daya rembesan air di dalamnya dan memperkecil pengaruh air terhadap tanah tersebut. Setelah melakukan pemadatan, maka harus dilakukan beberapa pengujian agar konsolidasi tanah dapat diketahui.

Pengujian dapat dilakukan menggunakan alat teknik yang diberi beban tertentu. Alat ini bernama HMP PDG PRO (The Static Plate Load Tester) yang berfungsi untuk mengukur kepadatan tanah.

Alat ini berfungsi untuk menguji penurunan pada tanah (settlement), deformabilitas dan daya dukung pada tanah. Jalan yang dibuat nantinya akan menopang beban kendaraan berat, maka dari itu kekuatan tanah harus diuji agar jalan raya dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Sumber gambar :hmp-online.com

Alat Pengujian dan Pengukuran Kepadatan Tanah

Cara merangkai alat ini sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh satu orang saja, alat ini diletakan di atas tanah. Lakukan pemasangan secara prosedur yang baik, plat besi diletakan pada tanah lalu diatas plat besi akan dipasangkan dengan load cell yang sudah terintegrasi dengan data logger.

Sumber gambar : hmp-online.com

Dari load cell disambungkan dengan pipa hidrolic, terdapat tuas pompa untuk menaikan besi yang ada didalam tabung hidrolik untuk menyentuk kendaraan berat yang difungsikan sebagai beban dalam pengujian.

Kemudian lakukan pemasangan atau setting pada kerangka pendukung yang berwarna merah untuk membantu membaca penurunan tanah yang terjadi ketika diberi beban oleh alat berat tersebut.

Sumber gambar : youtube.com

Cara kerjanya, ketika tabung hidrolic semakin dipompa maka besi yang ada di dalam hidrolic akan menyentuh alat berat, alat berat akan menjadi beban yang akan melakukan pengukuran kepada tanah. Load cell yang terdapat di atas plat besi akan membaca penurunannya.

Sebelum melakukan pengukuran, alat ini haruslah dilakukan kalibrasi agar hasil yang diperoleh menjadi akurat. Terdapat mesin printer kecil yang bisa langsung di cetak (print) pada saat selesai pengukuran, data yang tersimpan juga bisa dipindahkan secara langsung dengan menggunakan usb flashdisk.

Jika Anda berminat untuk membeli HMP PDG ini silakan langsung hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0822 5870 6420, Email: sales@testingindonesia.com





Produk Terkait dengan artikel HMP PDG : Alat Ampuh untuk Mengukur Kepadatan Tanah

HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
Rp. 180.000.000
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP SON
HMP SON