Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Industri Manufaktur Wajib Memiliki 4 Alat Pengujian Ini

Industri yang dikenal sebagai pengolah bahan atau material mentah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai tambah bahkan siap jual yaitu industri manufaktur. Setiap proses pengolahan ada yang dilakukan secara manual, ada juga yang menggunakan mesin produksi.

Demi menghasilkan sebuah produk yang bernilai maka material yang digunakan tentunya harus memiliki kualitas yang bagus. Maka dari itu setiap material harus diuji terlebih dahulu sebelum digunakan untuk produksi.

Dalam melakukan pengujian material biasanya menggunakan alat tertentu. Berikut ini 3 jenis alat uji yang sering digunakan untuk menguji material industri :

Hardness Tester

Alat ini digunakan untuk menganalisa tingkat kekerasan pada material yang terbuat dari logam. Dari jenisnya, hardness tester terbagi menjadi 2 macam yaitu bench hardness tester dan portable hardness tester.

Portable hardness tester memiliki bentuk yang minimalis sehingga mudah dibawa kemanapun. Sedangkan bench hardness tester berukuran cukup besar, biasanya digunakan untuk laboratorium material.

Ultrasonic Flaw Detector

Ultrasonic flaw detector digunakan untuk mendeteksi adanya cacat pada material seperti lubang kecil, retak, dan lainnya. Alat ini menggunakan gelombang ultrasonic untuk menganalisa cacat disetiap bagian material.

Alat ini bisa dipakai untuk menguji material yang sudah jadi dan juga bisa digunakan untuk material yang belum diolah sama sekali.

Universal Testing Machine

Setiap material yang diolah akan menerima banyak tekanan dan tarikan pada saat memasuki proses produksi. Untuk menguji kuat tekan dan tarik pada suatu material digunakan sebuah mesin uji yang disebut universal testing machine.

Sistem operasi alat ini ada yang manual (menggunakan tenaga manusia untuk mengoperasikannya) dan juga otomatis terintegrasi dengan sistem komputer.

Coating Thickness Gauge

Setiap material yang sudah selesai diolah, selanjutnya memasuki tahap pengecatan. Namun, ketebalan cat harus sesuai artinya tidak boleh terlalu tebal dan tidak boleh terlalu tipis. Coating Thickness Gauge merupakan alat yang digunakan untuk menguji tingkat ketebalan cat pada permukaan material sesuai standart yang telah ditetapkan.

Jika anda mencari tempat yang jual hardness tester, ultrasonic flaw detector dan peralatan pengujian yang ada diatas maka Anda berada di website yang tepat.

Testing Indonesia menjual semua alat pengujian yang ada diatas dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0857-4065-2657Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Industri Manufaktur Wajib Memiliki 4 Alat Pengujian Ini

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV