Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Inilah Beberapa Macam Jenis Cacat Las pada Material

Cacat las (Defect Weld) merupakan kondisi dimana kualitas sambungan lasan menurun sehingga kekuatan sambungan las ikut menurun. Selain itu, cacat las juga bisa disebabkan karena terlalu tingginya kekuatan sehingga hasil las melebihi ketentuan standart kekuatan yang telah ditetapkan.

Efek dari cacat las ini dapat mengakibatkan material atau komponen tidak bisa digunakan untuk produksi, menimbulkan kecelakaan kerja dan juga meningkatkan biaya produksi untuk perbaikan.

Sedangkan pengertian las yaitu proses menyambung dua logam atau baja dengan memanfaatkan energi panas sebagai perekatnya. Karena adanya proses pengelasan maka area lain pada logam yang dilas mengalami siklus termal sehingga terjadi deformasi, kondisi inilah yang dapat menyebabkan terjadinya cacat las.

 

 

Jenis-Jenis Cacat Las

Lack of Fusion (Cacat Las Renggang/Kurang Menyatu)

Cacat las ini terjadi karena terdapat celah pada lasan material atau logam. Penyebabnya diantarai lain pengelasan yang kurang panas. Teknik pengelasan yang salah dan juga permukaan logam yang tertutup kotoran ketika dilas.

Distorsi

Secara pengertian, distorsi diartikan sebagai cacat las akibat terjadinya kontraksi logam las ketika pengelasan berlangsung sehingga menarik atau mendorong material atau logam yang dilas untuk bergerak. Penyebab umumnya yaitu panas yang digunakan terlalu besar.

Material Berlubang

Selain dapat menyebabkan distorsi, ternyata panasa yang berlebihan dalam pengelasan juga dapat menyebakab material berlubang.

Lack of Penetration (Kurangnya Penekanan ketika Pengelasan)

Cacat ini disebabkan logam las tidak dapat mencapai root (akar) dari sambungan kedua material sehingga permukaan root tersebut tidak bisa tersambung secara menyeluruh. Biasanya kondisi ini disebabkan arus listrik yang terlalu kecil, salam menentukan ukuran elektroda, dan juga rancangan sambungan yang tidak sesuai.

Slag Inclusion

Cacat las ini berupa gumpalan pada sambungan las. Slag Inclusion disebabkan oleh kotoran dan juga kontaminasi dari udara. Itulah alasannya kenapa material atau benda yang akan dilas harus dibersihkan terlebih dahulu.

Crack (Retak)

Retak merupakan cacat las yang paling umum terjadi. Secara garis besar retakan terbagi menjadi tiga yaitu retakan dingin, retakan panas dan macrofissure.

Semua kondisi cacat las hanya bisa diketahui jika dilihat secara teliti, bahkan ada juga beberapa yang tidak bisa dilihat secara kasat mata atau visual. Maka dari itu, dibutuhkan alat untuk mendeteksi cacat las yang bernama Ultrasonic Flaw Detector. Alat ini menggunakan gelombang ultrasonic untuk mendeteksi adanya cacat pada sambungan las.

Ultrasonic Flaw Detector Novotest UD201 Mini merupakan alat portable untuk mendeteksi adanya cacat pada sambungan las dan juga pada material hasil produksi dengan tepat dan akurat. Selain itu, Ultrasonic Flaw Detector Novotest UD201 Mini juga dapat digunakan untuk mengukur ketebalan produk, mendeteksi adanya korosi dan keretakan pada material. Dilengkapi dengan monitor display untuk melihat hasil Analisa berupa data grafik.

 

 

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia berbagai alat pengujian dan pengukuran menjual Ultrasonic Flaw Detector Novotest UD201 Mini dengan harga yang bersahabat. Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0857 4065 2657, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Inilah Beberapa Macam Jenis Cacat Las pada Material

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 97.021.403
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 126.007.010