Jenis Hardness Tester Berdasarkan Cara Penggunaannya

Hardness tester merupakan alat pengujian yang digunakan untuk mengukur dan menganalisa kekerasan pada material khususnya logam. Nantinya, nilai kekerasan yang didapatkan akan dijadikan salah satu parameter untuk menentukan kkualitas material.

Sebagaimana yang kita ketahui, dalam uji kekerasan ada beberapa metode yang digunakan yaitu rockwell, Brinell, dan Vickers. Semua metode ini sudah diaplikasikan pada setiap hardness tester yang digunakan untuk pengujian.

Metode uji kekerasan termasuk ke dalam pengujian Non Destructive Test (NDT) atau uji tanpa merusak sehingga kondisi material tetap bagus dan masih bisa digunakan untuk proses industri.

Jenis-Jenis Hardness Tester

Berdasarkan bentuk, tempat dan metode pengujian yang dilakukan maka hardness tester terbagi menjadi 2 macam jenis yaitu :

Bench Hardness Tester

Hardness tester ini ukurannya cukup besar tapi masih bisa dipindahkan kemana saja dengan mudah. Biasanya, alat ini ditempatkan pada laboratorium pengujian material. Dilengkapi dengan layar display untuk melihat tingkat kekerasan pada permukaan material sebelum ataupun sesudah menerima penekanan dari indentor.

->> Baca Juga : Alasan Uji Kekerasan Material Harus Dilakukan

Cara Menggunakan Bench Hardness Tester

Pasang indentor pada bagian knop mesin, lalu kencangkan dengan memutar baut disampingnya. Selanjutnya, letakkan material atau benda uji di atas plat dan atur ketinggiannya dengan cara memutar plate secara perlahan. Arahkan mikroskop untuk menyesuaikan tinggi permukaan material.

 

 

Setelah itu, tekan tombol start dan indentor akan turun perlahan untuk memberikan penekanan pada permukaan material uji. Setelah selesai, bench hardness tester akan berhenti secara otomatis dan akan terlihat nilai kekerasannya pada layar monitor.

Portable Hardness Tester

Sedangkan hardness tester jenis ini sangat mudah dibawa kemana saja dan biasanya digunakan untuk pengujian lapangan. Biasanya sistem kerja portable hardness tester menggunakan gelomba ultrasonic melalui bagian nozzle untuk menganalisa kekerasan material.

Cara menggunakan Portable Hardness Tester

Tekan tombol power untuk menyalakan. Kemudian, tempelkan bagian nozzle pada permukaan material yang diuji, nantinya akan langsung terlihat nilai kekerasannya pada layar display portable hardness tester. Probe pada bagian nozzle menggunakan ring yang berbeda sesuai dengan tingkat kekasaran permukaan material.

 

 

Dalam mendapatkan hasil pengukuran yang tepat maka anda harus memilih jenis hardness tester yang sesuai dengan bentuk material dan lokasi pengujiannya.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia alat pengujian dan pengukuran menjual portable hardness tester dan bench hardness tester dengan kualitas terbaik dan harga yang relatif terjangkau.

Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0857-4065-2657Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Jenis Hardness Tester Berdasarkan Cara Penggunaannya

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV