Kenapa Lereng Harus Dipasang Slope Monitoring ?

Kestabilan lereng pertambangan sangat dipengaruhi dengan kondisi geologi pada daerah tersebut, lereng yang ada di pertambangan sangat riskan akan terjadinya longsor ketika musim hujan tiba. Selain itu, faktor pergerakan tanah juga dapat mempengaruhi kondisi pada tambang.           

Penting untuk dilakukan pengontrol pada setiap titik-titik lereng pertambangan yang rawan longsor, getaran mesin dan kurangnya teknik dalam menambang dapat terjadinya longsor dengan tiba-tiba. sifat fisik dari lereng tambang adalah bebatuan dan tanah.

Pemantauan dapat dilakukan secara berkala apalagi jika sudah terjadi retakan tanah. Jika rekahan tahan terus dibiarkan maka ketika hujan air akan masuk dan mengikis dari rekahan tersebut. Ketika bebatuan akan runtuh maka yang lain akan ikut runtuh dan longsor. Maka dari itu dibutuhkan pemantauan lereng secara berkala menggunakan suatu sistem yang disebut slope monitoring system.

Slope Monitoring System

Slope monitoring system memiliki instrument yang didesain untuk memantau titik-titik lereng yang dapat berpotensi rawan longsor. Dengan pemasangan alat ini dapat meminimalisir resiko kerugian materi dan mecegah timbulnya korban jiwa ketika bencana longsor terjadi.

Sebenarnya pemantauan lereng bisa juga dilakukan secara manual, namun dikhawatirkan terjadinya human eror atau kesalahan analisa yang tidak tepat. Faktor keamanan di tambang sangat perlu ditingkatkan, jika terjadi kegagalan mengindentifikasi potensi bahaya dapat membahayakan para pekerja yang berada di dasar tambang.

Sensor dari instrument slope monitoring akan merekam pergerakan tanah yang terjadi setiap harinya. Setelah dilakukan pemantauan dengan alat ini maka akan mendapatkan data untuk bisa di analisa dan diperhitungkan oleh tim analisa agar tanah tetap stabil dan tidak longsor ketika terjadinya hujan.

Selain menggunakan Sensor Slope Monitoring, lereng tambang juga dipasangkan dengan Instrument Inclinometer ke dalam tanah. Fungsi Inclinometer juga mempunyai peran penting dalam memantau pergerakan lereng. Sedangkan untuk mengukur tekanan air di dalam tanah bisa menggunakan instrument piezometer dengan tujuan mengetahui volume air di dalam pori tanah.

Testing Indonesia sebagai perusahaan peneyedia alat pengukuran dan pengujian menjual instrument slope monitoring system dengan kualitas terbaik dan mampu meberikan hasil pengukuran dan analisa yang akurat. Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Kenapa Lereng Harus Dipasang Slope Monitoring ?

CAN-GPS Field Station
CAN-GPS Field Station
MultiPoint GPS Field Station
MultiPoint GPS Field Station
Eurosens Delta
Eurosens Delta