Phone / Whatsapp

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Keuntungan Melakukan Monitoring Vibrasi untuk Industri

Vibrasi yang dihasilkan mesin industri bisa menjadi parameter untuk menentukan kondisi mesin tersebut. Layaknya seorang dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan pasien menggunakan stetoskop, mesin juga bisa diperiksa kesehatannya dengan menganalisa vibrasi yang dihasilkan menggunakan alat yang disebut vibration meter.

Kondisi kesehatan mesin dapat dianalisa melalui beberapa parameter seperti getaran, oli, suhu dan lainnya. Dengan rutin melakukan pemeriksaan, maka mesin bisa beroperasi dengan lancar. Jangan sampai mesin tiba-tiba mati ketika sedang beroperasi sehingga proses produksi menjadi terhambat.

Kenapa harus diukur lewat getaran ??

Karena, Getaran atau vibrasi mesin merupakan parameter yang paling mudah diukur dan juga paling mudah dipantau karena perubahannya sangat signifikan ketika terjadi kerusakan. Beberapa kondisi yang mempengaruhi vibrasi yaitu perubahan kecepatan mesin, perubahan suhu, beban mesin dan juga perubahan tekanan selama beroperasi.

 

 

Contoh sederhana, kendaraan yang baru dibeli ketika dinyalakan pasti mesinnya terasa halus. Namun, setelah sering digunakan getaran mesin agak kasar dan suhu mesin ikut meningkat. Berarti ada yang tidak beres dengan mesin kendaraan Anda. Kondisi ini, tidak jauh berbeda dengan vibrasi atau getaran pada mesin industri.

Beberapa faktor yang menyebabkan getaran mesin meningkat yaitu instalasi mesin yang kurang baik, spare part yang tidak sesuai, dan juga penggunaan mesin yang terlalu lama.

Karena faktor tersebut, beberapa komponen mesin juga terkena dampaknya seperti rotor, shaft, bearing, coupling hingga keseluruhan bagian mesin. Inilah alasan kenapa pengukuran vibrasi mesin harus dilakukan secara rutin.

Manfaat Monitoring Vibrasi Mesin Industri

Perawatan Mesin

Analisa vibrasi bermanfaat untuk mendeteksi kerusakan pada mesin sejak dini. Tidak heran jika pengujian ini termasuk ke dalam preventive maintenance rutin untuk setiap industri. Dengan begitu, operator atau pihak maintenance bisa segera melakukan perbaikan jika terindikasi mengalami kerusakan.

Meningkatkan Kinerja Mesin

Dengan melakukan monitoring vibrasi maka bagian komponen yang bermasalah bisa segera diganti sehingga kinerja mesin kembali meningkat.

Efisiensi Biaya

Monitoring vibrasi bermanfaat untuk mengindikasi kerusakan sejak dini sehingga dapat menghindari resiko terjadinya kerusakan yang lebih besar. Dengan begitu biaya operasional perbaikan menjadi lebih hemat.

Penjadwalan Maintenance

Manfaat lain dari monitoring vibrasi yaitu Anda bisa menjadwalkan waktu yang tepat untuk mengganti spare part mesin dan melakukan maintenance kembali.

Penutup

Mesin merupakan elemen penting dalam proses industri sehingga harus dirawat dengan baik. Monitoring vibrasi merupakan salah satu langkah terbaik dalam melakukan perawatan mesin industri agar tetap awet dan bisa bekerja secara maksimal.

 Testing Indonesia merupakan perusahaan penyedia alat uji dan alat ukur menjual vibration meter berkualitas dengan harga yang terjangkau. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 & Email: sales@testingindonesia.com Atau bisa juga memanfaatkan layanan fitur chating online yang ada di pojok kanan website ini




Produk Terkait dengan artikel Keuntungan Melakukan Monitoring Vibrasi untuk Industri

TV120 Vibration Tester
TV120 Vibration Tester
Vibration Pen TV260
Vibration Pen TV260
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | VIBCHECK
Vibration Meter | VIBCHECK