Memahami cara kerja Flowbench

Sebuah mesin menghasilkan daya dengan cara menggerakkan udara dan bahan bakar ke dalam dan keluar. Semakin cepat dalam melakukannya, semakin besar kekuatan mesin yang dihasilkan. Dalam teorinya cukup sederhana namun pada kenyataannya lebih rumit. Ada ribuan faktor yang mempengaruhi tidak hanya berapa banyak udara, tetapi juga kualitas udara itu, yang masuk ke dalam mesin. Faktor yang paling ketat, dan paling penting, adalah kepala silinder intake dan exhaust port. Itulah mengapa begitu banyak pemikiran dan desain harus masuk ke kepala silinder untuk setiap aplikasi.

Kita tidak memiliki ruang untuk menggambarkan bagaimana memaksimalkan efektivitas kepala silinder dengan desain dan bentuk port. Sebaliknya, mari kita bicara tentang bagaimana mengukur aliran udara yang masuk dan keluar dari ruang pembakaran menggunakan Flowbench.

Kepala silinder baru dinilai oleh beberapa pengukuran tapi salah satu yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah cubic feet per minute (CFM) dari udara yang bisa mengalir di intake dan exhaust port. Rating CFM harus disesuaikan dengan laju aliran dan tingkat daya mesin yang diinginkan. Flowbench adalah alat yang memungkinkan Anda memeriksa apa aliran itu. Katakanlah Anda melakukan pekerjaan porting rumah dan ingin melihat berapa banyak aliran, dan jika ada meningkatkan aliran. Flowbench akan memberitahu Anda.

Bagaimana Flowbench Bekerja ?

Cara kerja Flowbench tidaklah rumit, yang dilakukannya hanya meniup atau menghisap udara melalui sebuah lubang, dengan lubang itu sendiri paling sering menjadi kepala silinder. Kemudian mengukur jumlah dan kecepatan (atau tekanan) dari udara yang dipindahkan melalui sistem, dan memberikan data pada pengguna. Tapi memindahkan udara yang cukup untuk mengalirkan kepala silinder tidaklah mudah, karena aliran udara lebih banyak dibutuhkan, yang lebih besar dan lebih rumit (baca mahal) Flowbench tersebut. Disini ditampilkan ilustrasi sederhana tentang bagaimana Flowbench bekerja.

Berikut dibawah ini adalah alat utama mengalirkan kepala silinder. Di sebelah kanan adalah billet aluminium plat adaptor utama yang membaut ke permukaan flowbench, di atas gasket karet (paling kiri). Di atas plate besar adalah plate lain (kedua dari kanan) yang kita sebut slider plate. Bagian ini membaut ke kepala silinder dan diam/slide pada plate adaptor utama. Sebuah karet O-ring menyegel keduanya. 4-lubang kepala mirip gasket mengareti gasket kedua dari kiri yang melalui antara kepala dan slider untuk segel kedap udara lain. Adaptor utama (bawah kiri) datang dengan beberapa ukuran set lengan yang berbeda untuk mencocokkan lubang silinder blok mesin yang kepala akan digunakan pada. Yang satu ini 4,030 inci. Mereka memiliki O-ring atas dan bawah untuk segel kedap udara. Plate adaptor utama membaut ke bench, tapi jauh lebih mudah untuk memasang satu set kancing (bawah tengah) untuk menghemat waktu. Perhatikan bahwa gasket di tempat sebelum adaptor diangkat di tempat dan dibautkan ke bawah (bawah kanan).

 

Save

Save