Mengaplikasikan Strain Gage pada Pembuatan Pondasi Bangunan

Pembangunan infrastruktur sedang ditingkatkan untuk mengurangi emacetan di berbagai kota besar, pembangunan fasilitas ini sangat penting untuk menunjang aktifitas masyarakat dan supaya perputaran ekonomi tidak mengalami gangguan. Beberapa pembangunan infrastrukur yang sedang berlangsung sekarang ini yaitu fly over, tol layang, dan LRT.

Dalam pembuatan infrastruktur harus memiliki pondasi yang kokoh berupa tiang penyangga yang berdiri tegak agar jalanan tersebut aman untuk dilalui kendaraan. Sebelum melakukan pembuatan pondasi dapat dilakukan pengetesan tanah melalui alat sondir, piezometer dan lain-lain.

Beberapa metode yang digunakan untuk pembuat pondasi dalam yaitu Pancang dan Bore Pile. Metode pondasi ini akan memperkokoh pembuatan tiang sebagai tumpuan dari struktur atas. Semua progress pembuatan pondasi harus dilakukan dengan benar, karena jika dikerjakan secara asal-asalan dapat menyebabkan kerusakan dan menimbulkan crack atau retakan yang besar.

Para kontraktor biasanya akan menanamkan strain gages untuk memantau gaya regangan yang terjadi pada pondasi bore pile. Penambahan strain gages untuk menganalisa akibat yang ditimbulkan oleh gaya yang diberikan tanah.

Strain Gage

Strain gages adalah sebuah sebuah sensor yang bekerja untuk memantau regangan yang terjadi pada pondasi dalam. Strain gages bisa juga dipasang pada struktur yang sudah selesai untuk mendapatkan nilai hasil regangan dan ledutannya.

Strain gages biasanya dipasangkan langsung didalam struktur bangunan. Selain itu, strain gages bisa juga dipasang pada luar struktur dengan menambahkan baut agar tidak jatuh saat menerima getaran. Sedangakan fiber optick strain gages dipasangakan hanya pada luar struktur saja dan pemasangannya ditempelkan dengan lem perekat khusus.

Fiber Optic Strain Gages

Sensor pada strain gages akan bekerja ketika ada getaran yang ditimbulkan ketika diberi beban, pengujian ini sangat berguna untuk menentukan batas maksimal beban kendaraan yang boleh lewat pada jalan tol layang atau fly over. Pengujian meliputi dinamis dan statis, pengujian akan memberikan beban pada struktur bangunan untuk menganalisa perubahan yang terjadi. Menggunakan pengujian dengan strain gages dapat membatu untuk memberikan data dan nilai yang valid.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia alat uji juga menjual Strain Gages dengan kualitas terbaik sehingga dapat menghasilkan pengukuran yang akurat. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau chat dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Mengaplikasikan Strain Gage pada Pembuatan Pondasi Bangunan

Dynamic Strain Transducers (Electrical Resistance)
Dynamic Strain Transducers (Electrical Resistance)
Arc Weldable (VW)
Arc Weldable (VW)
Dynamic Embedment (Electrical Resistance)
Dynamic Embedment (Electrical Resistance)
Spot Weldable (VW)
Spot Weldable (VW)