Mengenal Data Acquisition (DAQ)

Apa itu Data Acquisition?

Dalam Bahasa Indonesia Data Acquisition (DAQ) biasa disebut dengan Akuisisi Data, yakni proses pengambilan sampel sinyal dengan mengukur kondisi fisik dunia nyata dan mengubah sampel yang telah dihasilkan untuk kemudian menjadi nilai numerik digital yang dapat dimanipulasi oleh komputer. Data Acquisition biasanya dikendalikan oleh program perangkat lunak yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti: Assembly, BASIC, C, C ++, C #, Fortran, Java, LabVIEW, Lisp, Pascal, dll.

Adapun Komponen yang ada didalam Data Acquisition (DAQ) antara lain:

  • Sensor

Sebuah sensor, yang merupakan jenis transducer, adalah sebuah perangkat yang mengubah properti fisik menjadi sinyal listrik yang sesuai (misalnya, tegangan atau arus) atau, dalam banyak kasus, menjadi karakteristik listrik yang sesuai (misalnya, resistensi atau kapasitansi) yang dengan mudah dapat dikonversi ke sinyal listrik. Kemampuan sistem akuisisi data untuk mengukur sifat yang berbeda tergantung pada memiliki sensor yang cocok untuk mendeteksi berbagai properti yang diukur. Ada sensor khusus untuk berbagai aplikasi. sistem DAQ juga menggunakan teknik berbagai pengkondisian sinyal memadai memodifikasi berbagai sinyal listrik yang berbeda ke dalam tegangan yang kemudian dapat didigitalkan menggunakan konverter analog-ke-digital (ADC).

  • DAQ Device (DAQ Hardware)

DAQ Device atau DAQ Hardware memiliki komponen Signal Conditioning Circuitry, Analog to digital converters serta Computer Bus. Dimana proses awal dimulai dengan pengkondisian sinyal (Signal Conditioning Circuitry), Setelah dikondisikan barulah komponen ini merubah ke sinyal digital oleh Analog to digital converters, untuk kemudian dihubungkan Computer Bus.

  • Computer (Komputer)

Komputer disini digunakan untuk mengatur operasi dari DAQ. Digunakan untuk memproses, menampilkan dan menyimpan hasil pengukuran. Terdapat dua macam perangkat lunak didalam komputer yang digunakan pada sistem DAQ yaitu, Driver software dan aplication software. Driver software digunakan untuk bereaksi dengan DAQ sedangkan aplication software digunakan untuk mengambil, analisa, dan menampilkan data pengukuran.

 

*Sumber : https://visilubai.wordpress.com/2010/04/28/akuisisi-data/

                https://en.wikipedia.org/

Save

Save

Save