Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Mengenal Pressure Switch dan Jenis Sensor yang digunakan

Dalam dunia engineering ada satu komponen penting yang paling sering digunakan yaitu alat ukur tekanan atau Pressure Switch. Perkembangan dalam teknologi engineering bisa dibilang sangat signifikan, bahkan sekarang ini sudah ada sektiar 50 teknologi yang bisa digunakan untuk mengukur tekananan yang diproduksi berbagai perusahaan di berbagai Negara.

Pada pressure switch terdapat sensor yang berfungsi untuk mengukur tekanan pada cairan (liquid) dan gas. Secara definisi, tekanan merupakan sebuah gaya yang diperlukan untuk menahan aliran udara atau gas agar berhenti ekspansi.

Namun, seiring perkembangan teknologi, sensor ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengukur tekanan saja tapi juga bisa digunakan untuk mengukur kecepatan, aliran gas, altitude (ketinggian permukaan air laut) dan level ketinggian air tanah.

Beberapa nama instrument yang digunakan sebagai alat ukur tekanan yaitu manometer, piezometer, pressure indicator, pressure transducer dan pressure transmitter.

Sensor untuk mengukur tekanan terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan instrument dan sistem yang digunakan serta fungsinya, berikut ini jenis-jenisnya :

  • Gauge Pressure : Besar tekanan diukur relatif terhadap tekanan atmosfir
  • Absolute Pressure Sensor : Nilai nol absolute = nilai titik nol
  • Vacuum Pressure Sensor : Mengukur tekanan pada suatu sistem yang dioperasikan di bawah atmosfer.
  • Sealed Pressure Sensor : hampir sama dengan gauge pressure tapi titik acuannya disesuaikan dengan sistem yang digunakan.
  • Differential Pressure Sensor : Berfungsi untuk membaca tekanan yang terdapat pada dua sistem yang berhubungan.

Sensor ini kerap kali digunakan untuk bidang geoteknik dan konstruksi bangunan. Bahkan, juga digunakan dalam pembangunan kilang minyak untuk mengukur tekanan fluida atau aliran gas yang terdapat pada suatu area.

Dalam dunia engineering construction mengenal sensor piezometer yang berfungsi untuk mengukur pergerakan tanah dan tekanan pori air tanah. Biasanya sensor ini digunakan untuk pembuatan tiang pancang atau pondasi pada suatu bangunan.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan peralatan pengujian dan pengukuran menjual Piezometer dengan kualitas terbaik. Informasi lebih lengkap terkait pemesanan silakan hubungi kami di nomor telpon yang tertera di website ini atau chat dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Pressure Switch dan Jenis Sensor yang digunakan

Piezometers Standard (VW)
Piezometers Standard (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Heavy Duty Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
Multilevel Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)
High Temperature Piezometer (VW)