Mesin Uji Tarik, Alat Penting untuk Menganalisa Struktur Baja!

Kekuatan struktur desain suatu material atau bahan sangat dipengaruhi oleh sifat bahan tersebut. Untuk mengetahui sifat dari suatu bahan, diperlukan sebuah kegiatan pengujian. Ada empat jenis pengujian bahan yang umum dilakukan, diantaranya uji tarik, uji tekan, uji torsi dan uji geser.

Dari keempat jenis pengujian, uji tarik adalah cara pengujian yang cukup sederhana untuk dilakukan. Dengan menarik suatu bahan untuk mengetahui bahan tersebut bereaksi terhadap tarikan sampai sejauh mana material bertambah panjang. Pada umumnya pengujian ini menggunakan mesin uji tarik.

Mesin Uji Tarik untuk Menganalisa Struktur Baja

Salah satu contoh material yang sering digunakan oleh pembuat struktur bangunan dan produk yaitu baja. di dunia sipil, baja sering diaplikasikan sebagai rangka dari struktur jembatan, bangunan pabrik, gedung pencakar langit dan beberapa konstruksi lain.

Di bidang pengolahan oli dan gas, baja digunakan sebagai bahan untuk jalur pipa dan tabung untuk mengalirkan dan menampung olahan oli atau gas yang terproses. Bahan baja terbuat dari bahan paduan logam dengan besi sebagai unsure utama dan memiliki beberapa campuran unsur lainnya seperti karbon. Presentase dan perbandingan beberapa campuran unsur sangat berpengaruh pada kekuatan baja yang telah tercetak.

Sebelum bahan diaplikasikan, perlu adanya pengujian sederhana uji tarik untuk menentukan respon material pada saat diberi beban atau deformasi luar yang dapat menyebabkan perubahan struktur dari campuran beberapa unsur baja.

Dalam prosesnya, dibutuhkan sebuah mesin uji tarik sebagai media untuk menghitung kekuatan tarik dari baja. Pengujian ini memiliki prinsip bahwa sampel benda dengan ukuran dan bentuk tertentu akan diberi gaya tarik kedua ujung sumbu material oleh dua penjepit pada setiap ujungnya secara kontinyu sampai material mengalami kerusakan atau putus.

Bersamaan dengan itu dilakukan pengamatan mengenai perpanjangan yang dialami benda uji. Semua pengamatan dilakukan secara manual dengan hitungan jika menggunakan mesin uji tarik konvensional.

Semakin berkembangnya teknologi, kini tersedia mesin uji tarik yang menggunakan sistem kontrol dan komputisasi yang disebut UTM (Universal Testing Machine). Mesin uji modern sangat universal yang dapat digunakan untuk uji tarik dan uji tekan.

Pada dua penjepit material telah terpasang sensor yang terhubung oleh kontroler dan komputer untuk mengetahui nilai kekuatan tarik/tekan dengan data yang terakuisisi ke sebuah tabel dan grafik. Mesin ini sudah dilengkapi software yang bisa siap pakai untuk pengamatan dan perhitungan dari kedua jenis pengujian.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia produk pengujian (testing) menjual mesin uji tarik (Universal Testing Machine) dengan kualitas terbaik. Untuk melakukan pemesanan silakan hubungi staf kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini atau menghubungi langsung nomor telpon yang tertera di website ini.




Produk Terkait dengan artikel Mesin Uji Tarik, Alat Penting untuk Menganalisa Struktur Baja!

Qc-513B2 Universal Testing Machine
Qc-513B2 Universal Testing Machine
Qc-506B1 Universal Testing Machine
Qc-506B1 Universal Testing Machine
Qc-506B Material Testing Machine
Qc-506B Material Testing Machine
Qc-505B1 Universal Material Testing Machine
Qc-505B1 Universal Material Testing Machine