Penggunaan Mesin Balancing untuk Menjaga Komponen Mesin yang Berputar

Setiap mesin yang berputar harus dipantau dan terus dijaga keseimbangannya agar tidak menimbulkan masalah ketika sedang beroperasi. Alat yang digunakan adalah mesin balancing atau balancing machine untuk menjaga mesin agar tidak mengalami getaran yang berlebih. Mesin yang ada pada industri berat seperti generator dan turbin sangat rawan mengalami getaran yang kuat sehingga dapat menyebabkan kerusakkan dan kegagalan pada mesin.

Jika pada mesin terjadi unbalance atau ketidakseimbangan dan masih terus dipaksakan untuk beroperasi maka kekuatan torsi atau periodik linier yang dihasilkan pada mesin akan tegak lurus terhadap sumbu rotasi. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan getaran yang cukup kuat sehingga dapat mengurangi umur komponen mesin dan pada akhirnya menyebabkan mesin mati total.

mesin balancing machine

Mesin Balancing untuk Merawat Komponen Mesin

Contoh sederhana, ketika mengalami unbalance maka bearing akan mendapat tekanan torsi secara tegak lurus. Kekuatan tekanan yang berlebih pada bearing dapat menyebabkan kegagalan bearing dalam waktu yang singkat. Poros dengan massa yang tidak seimbang dapat menjadi bengkok karena adanya kondisi tersebut, dan memungkinkan kerusakan yang ditimbulkan semakin besar.

Pada mesin jet dan turbin yang memiliki masa tinggi dengan kecepatan putar yang rendah harus benar-benar diperhatikan keseimbangannya, karena kedua mesin ini menghasilkan getaran yang sangat kuat sehingga jika terjadi unbalance maka dapat menyebabkan kegagalan pada seluruh sistem.

Jenis keseimbangan pada mesin 2 macam :

Keseimbangan Statis

Keseimbangan statis bisa terjadi pada saat pusat gravitasi berada pada sumbu rotasi dan tidak mengalami pergerakan. Maka dari itu, benda tersebut tetap diam dan tidak memiliki kecenderungan berputar akibat pengaruh gaya gravitasi.

Keseimbangan Dinamis

Keseimbangan dinamis (Dynamic Balance) dapat terjadi ketika rotasi atau perputaran tidak dapat menghasilkan gaya sentrifugal. Pada sistem ini benda dapat berputar tanpa adanya pengaruh dari gaya luar. Unbalance atau ketidak seimbangan pada sistem ini bisa terjadi akibat pengaruh dari luar seperti suhu yang terlalu panas, biasanya dilakukan penambahan berat agar menjadi balance. Hal ini biasanya terjadi pada kasus ban mobil yang umumnya ketidakseimbangan terjadi pembuatan ban menggunakan komposisi homogen yang tidak sempurna.

Dengan adanya mesin balancing atau balancing machine maka setiap komponen rotor bisa dianalisa dan dimonitoring tingkat unbalance atau ketidakseimbangannya, sehingga bisa langsung diperbaiki ketika terjadi unbalance sebelum terjadinya kerusakan yang parah.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia peralatan dan mesin pengujian menjual mesin balancing atau balancing machine dengan kualitas terbaik. Silakan hubungi kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan website ini.




Produk Terkait dengan artikel Penggunaan Mesin Balancing untuk Menjaga Komponen Mesin yang Berputar

TMR Balancer 1 Ton
TMR Balancer 1 Ton
TMR Balancer 3 Ton.
TMR Balancer 3 Ton.
TMR Balancer 2 Ton.
TMR Balancer 2 Ton.
Balancing 1 Ton
Balancing 1 Ton