Penggunaan Ultrasonic Flaw Detector untuk Mendeteksi Cacat Material

Gelombang ultrasonic sekarang ini mulai dimanfaatkan untuk berbagai bidang khususnya industri. Jika dalam bidang kesehatan digunakan untuk menganalisa organ tubuh, sedangkan pada dunia industri gelombang ultrasonic dipakai untuk menganlisa cacat dan keretakan pada material atau benda.

Metode penggunaan gelombang ultrasonic secara garis besar yaitu dengan memancarkan gelombang ke setiap lapisan permukaan benda, lalu pantulannya diamati. Jika terjadi perbedaan frekuensi maka bisa dipastikan terdapat cacat pada material tersebut.

Sesuai dengan karakteristik gelombang yang mampu merambat melalui celah benda padat. Ketika terjadi keretakan atau cacat pada material, maka gelombang akan merambat ke dalam sehingga hasil pantulan yang diterima tidak sempurnya.

Alat yang biasa digunakan untuk mendeteksi cacat material dengan memanfaatkan gelombang ultrasonic disebut ultrasonic flaw detector.

Beberapa industri yang menggunakan ultrasonic flaw detector yaitu otomotif, industri baja, industri pipa, oil & gas, dan lainnya.

Kelebihan Menggunakan Ultrasonic Flaw Detctor :

  • Mudah dikerjakan
  • Cukup menguji lewat satu objek untuk menganalisa kerusakan atau cacat secara keseluruhan
  • Kedalaman penetrasi menggunakan gelombang ultrasonic sangat akurat dan tepat dibandingkan metode pengujian lainnya.
  • Ultrasonic Flaw Detector juga bisa dipakai untuk mengukur ketebalan material atau benda.

Cara menggunakan ultrasonic flaw detector untuk menganalisa cacat material yaitu dengan menempelkan bagian probe yang sudah terintegrasi dengan sensor ultrasonic. Gelombang dapat dilihat melalui layar monitor Ultrasonic Flaw Detector.

Maka dari itu, untuk menggunakan alat ini dibutuhkan keahlian membaca data CRT agar lokasi cacat material bisa diketahui dengan jelas.

 

 

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai macam alat pengujian dan pengukuran menjual Ultrasonic Flaw Detector dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0857-4065-2657Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Penggunaan Ultrasonic Flaw Detector untuk Mendeteksi Cacat Material

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 97.021.403
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 126.007.010