Pengujian NDT (Non Destructive Test), Sebuah Pengujian Tanpa Merusak Material

Material dan komponen mesin yang digunakan dalam proses industri tentunya harus memenuhi standart yang sudah ditentukan, sehingga proses produksi bisa berjalan dengan lancar. Biasanya dilakukan pengujian pada komponen mesin dan material untuk menghindari terjadinya kerusakan ketika produksi sedang berlangsung.

Salah satu jenis pengujian yang bisa dilakukan adalah NDT (Non Destructive Test) atau pengujian tanpa merusak. Secara definisi, NDT adalah pengujian yang dilakukan terhadap suatu objek (rangka mesin, rangka pipa, material, dll) untuk mengetahui komposisi dan jenis kandungan yang ada pada material sehingga ketika terjadi aus, retak, dan ketidak sinambungan antar objek bisa langsung diketahui.

Tujuan pengujian Ndt yaitu untuk memberikan jaminan pada material dan komponen yang diuji masih aman digunakan dan belum melewati standar kerusakan. Ada 2 proses yang harus dilakukan dalam pengujian NDT, yaitu :

Pengujian dilakukan ketika objek atau material pertama kali dibuat dan juga pengujian dilakukan ketika objek selesai dibuat. Dengan begitu, mutu dan kualitas objek ketika selesai di produksi menjadi lebih terjamin dan sudah sesuai standart.

Pengujian lainnya dilakukan ketika material dan mesin produksi dalam tahapan pengesahan standarisasi karena sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya untuk mengetahui kegagalan mesin atau material sebelum melewati batas toleransi kerusakan.

Jenis-Jenis NDT

Radiography Test

Pengujian ini menggunakan sinar gamma atau sinar x yang bisa menembus logam atau timah.

Magnetic Test

Pengujian ini menggunakan medan magnet untuk menganalisa kerusakan pada suatu material. Biasanya menggunakan instrument portable magnetic testing yang mudah digunakan dan dibawa kemana saja.

Ultrasonic Flaw Detector

Pengujian ini menggunakan gelombang ultrasonic yang dikeluarkan melalui transducer sehingga ketika bagian material yang retak atau rusak bisa diketahui dengan mudah. Pengujian ini bisa dilakukan menggunakan instrument portable ultrasonic flaw detector.

Ultrasonic Flaw Detector

Ultrasonic Flaw Detector

Testing Indonesia menyediakan instrument pengujian NDT seperti Portable Magnetic Testing dan Portable Ultrasonic Flaw Detector dengan kualitas terbaik. Jika Anda berminat silahkan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com

 




Produk Terkait dengan artikel Pengujian NDT (Non Destructive Test), Sebuah Pengujian Tanpa Merusak Material

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD-1
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301-MINI
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
TUD310 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 97.021.403
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
TUD500 Ultrasonic Flaw Detector
Rp. 126.007.010