Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Penjelasan Apa Itu Borescope

Pada dasarnya sistem kerja borescope mirip seperti teleskop dan mikroskop yaitu menelusuri wilayah atau lokasi yang sulit dijangkau. Borescope merupakan alat berupa tabung kaku optic yang bentuknya seperti kabel fleksibel sehingga bisa diarahkan untuk lokasi berkelok.

Selain itu, disekitar bagian optic terdapat lightning sebagai sumber cahaya atau penerang lokasi yang sedang dipantau sehingga proses pengamatan menjadi lebih mudah dan hasil yang diterima menjadi lebih jelas.

Borescope

 

Fungsi Borescope

Awalnya borescope digunakan dalam dunia medis, seiring berjalannya waktu sekarang ini borescope digunakan untuk industri lainnya dengan tujuan melakukan inspeksi pada suatu objek material yang sulit dijangkau oleh manusia.

Secara metode, borescope termasuk ke dalam non destructive test (uji tanpa merusak) dalam menganalisa cacat atau kerusakan suatu material. Selain tabung fleksibel, borescope juga terintegrasi dengan lensa untuk melihat gambar hasil pengamatan lokasi dari tabung optik atau yang disebut inspeksi visual.

Biasanya penggunaan borescope ini untuk menganalisa mesin pesawat, pipeline minyak dan gas, turbin uap, mesin diesel dan mesin produksi di pabrik.

Video Borescope

Selain borescope fleksibel, ada juga jenis borescope yang lebih canggih dan lebih mudah digunakan yaitu video borescope. Dilengkapi dengan kamera video berukuran mini, alat ini mampu menjangkau berbagai lokasi yang sulit dijangkau walaupun sempit dan gelap. Hasil gambar yang didapat dari lensa akan terlihat dalam bentuk video.

Pengaturan tampilan posisi dan tampilan kamera atau lensa bisa diatur dengan mudah menggunakan control berupa joystick. Resolusi pada video borescope juga terbilang sangat baik sehingga pengamatan setiap permukaan material dapat terlihat dengan jelas.

Keuntungan Menggunakan Borescope

Dengan menggunakan borescope maka industri dapat menekan biaya operasional karena setiap kerusakan pada mesin, pipeline dan komponen industri lainnya dapat terdeteksi sejak dini sebelum kerusakannya menjadi lebih besar. Sehingga biaya perbaikan yang dikeluarkan jauh lebih minim.

Cara Menggunakan Borescope

Bagi yang terjun di dunia engineering mungkin tidak terlalu sulit memakai borescope. Cara menggunakannya sangat mudah, untuk model borescope fleksibel dengan lensa yaitu masukan kabel optic ke dalam mesin atau material yang dianalisa sambil dipantau secara visual dengan dilihat melalui lensa yang ada di bagian ujung.

Sedangkan untuk video borescope jauh lebih mudah, yaitu dengan memasukan kabel optic ke dalam material atau mesin yang akan dianalisa kerusakkannya, kemudian atur pergerakan dan tampilan layar menggunkana joystick.

Kenapa Harus Membeli Borescope di Testing Indonesia ?

Testing Indonesa merupakan perusahaan penyedia alat pengukuran dan pengujian yang berkualitas untuk semua berbagai industri. Borescope yang dijual di Testing Indonesia didukung dengan teknologi terkini untuk menganalisa cacat material di dalam tempat yang sempit dengan hasil visual yang jelas.

 

 

Jika Anda berminat untuk membeli borescope, silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0857-4065-2657Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Penjelasan Apa Itu Borescope

RS-Series
RS-Series
ME-Series
ME-Series
FVS-Series
FVS-Series
FVSK-Series
FVSK-Series