Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Penjelasan Uji Kekerasan Micro

micro hardnessNilai kekerasan merupakan parameter yang sangat penting untuk menentukan standard suatu material. Caranya, dengan melakukan pengujian pada material yang ingin dianalisa nilai kekerasannya. Pengujian ini menggunakan alat yang disebut hardness tester.

Beberapa metode yang digunakan untuk uji kekerasan yaitu Rockwell, Brinelll, Vickers dan Micro Hardness.

Dalam menguji material berukuran kecil seperti bijih besi, serbuk alumunium, dan lainnya maka metode yang digunakan adalah micro hardness.

Uji Kekerasan Mikro pada logam, komposit dan keramik digunakan ketika uji kekerasan 'makro' sudah tidak bisa dipakai lagi. Uji kekerasan micro ini dapat digunakan untuk menyediakan data yang diperlukan ketika mengukur struktur mikro individu dalam matriks yang lebih besar, atau bisa juga pada saat menguji bahan seperti foil sangat tipis dan juga pada saat menentukan gradien kekerasan spesimen material.

Pengujian Kekerasan Micro biasanya mengacu pada lekukan akibat tekanan dari beban berupa indentor statis kurang lebih 1 kgf. Sedangkan, Brinell Hardness Test menggunakan indentor berupa bola karbida berukuran 1mm.

Sementara Uji kekerasan micro menggunakan indentor berbentuk diamond atau prisma dengan sudut 136. Permukaan material yang diuji harus dalam keadaan halus dan bebas kotoran. Tekanan yang diberikan tidak terlalu besar, semakin kecil gaya tekan yang diterapkan semakin tinggi finishing metallographic yang dibutuhkan.

 

>>Baca Juga : Hardness Tester untuk Uji Kekerasan Obat Tablet

 

Mikroskop yang dibutuhkan harus memiliki tingkat pembesaran sekitar 500 X untuk mengukur lekukan yang dihasilkan indentor secara akurat. Standart acuan untuk uji micro Vickers yaitu ASTM E 92 untuk gaya indentasi sebesar 1 kgf sampai 120 kgf dan ASTM E 384 untuk gaya indentasi dibawah 1 kgf.

Dalam menguji kekeraan micro dengan mudah dan cepat bisa menggunakan alat bantu yang disebut micro hardness tester. Alat ini mudah digunakan, dilengkapi monitor utnuk melihat nilai kekerasan yang sudah dihitung secara otomatis menggunakan rumus yang terintegrasi dengan software di dalamnya.

Testing Indonesia menjual micro hardness tester dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Informasi pemesanan silakan hubungi nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 085740652657, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Penjelasan Uji Kekerasan Micro

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV