Pentingnya Slope Monitoring untuk Kawasan Lereng

Lereng yang ada di Indonesia saat ini sangat menghawatirkan kondisinya, karena banyak terjadi penebangan pohon-pohon liar yang kerap kali dilakukan untuk kepentingan komersil. Sebagian orang menganggap rimbunnya pohon pada lereng terlihat sangat liar dan menyebabkan lereng menjadi gelap.
Padahal rimbunnya pohon di lereng sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan tanah lereng agar terhindar dari longsor ketika hujan deras.

Hal ini disebabkan sifat pohon yang dapat menghambat air jatuh langsung ke dalam tanah. Akar pohon yang kuat juga dapat mengikat partikel tanah agar pada saat hujan tidak mengalami crack. Penggunaan sheetpile atau turap untuk menghalau longsoran tanah pun terkadang sia-sia, walaupun sheetpile sudah ditanam begitu dalam terkadang tanah lereng masih bisa longsor.

Air yang turun akan masuk kedalam tanah dan berkumpul disatu titik, ketika titik tersebut sudah penuh dengan air yang menggengang maka air akan menyebar ketempat lainnya dan perlahan akan mengalami penurunan tanah dengan sendirinya. Sayangnya, masih banyak orang yang membangun rumah diatas tanah lereng. Padahal sangat berbahaya karena sewaktu-waktu tanah bisa saja mengalami longsong disebabkan tanah sudah tidak dapat menahan beban rumah.

Sekarang ini pembangunan rumah di kawasan lereng sudah semakin banyak sehingga sistem pemantauan yang disebut slope monitoring. Pemantaun ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya longsor dan menghindari terjadi korban jiwa ketika longsor menerjang. Slope Monitoring adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memantau kemiringan pada lereng atau bidang miring.

Slope Monitoring SystemSlope Monitoring

Slope monitoring memiliki sensor canggih yang dapat memprediksi  dan memantau aktifitas tanah yang ada dilereng. Dengan menggunakan sistem global GPS, pemantauan dapat dilakukan dalam radius yang aman.

Slope Monitoring juga dapat dipadukan dengan Inclinometer dan piezometer untuk menambah daya akurasi data dalam melakukan pemantauan. Sensor Inclinometer tinggal dimasukan ke dalam pipa khusus untuk melindungi dari air dan tanah.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia alat pengujian dan pengukuran menjual berbagai instrument slope monitoring dengan kualitas terbaik. Informasi lebih lengkap terkait pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Pentingnya Slope Monitoring untuk Kawasan Lereng

CAN-GPS Field Station
CAN-GPS Field Station
MultiPoint GPS Field Station
MultiPoint GPS Field Station
Eurosens Delta
Eurosens Delta