Peran Inclinometer untuk Menganalisa Karakteristik Tanah

Pondasi adalah suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan dan meneruskan beban dari struktus atas ke tanah dasar. Pondasi harus kuat menahan beban tanpa terjadi differential settlement pada sistem strukturnya. Untuk membuat bangunan tinggi banyak yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan.

Pondasi hanya memiliki dua macam jenis yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Namun pondasi dangkal dan pondasi dalam terbagi lagi menjadi beberapa jensi. Macam-macam pondasi dangkal yaitu pondasi batu kali menerus, pondasi telapak, pondasi umpak dan masih banyak lagi. Sedangkan macam-macam pondasi dalam yaitu pondasi pancang, pondasi bore pile dan pondasi sumuran.

Pondasi dangkal merupakan pondasi sederhana yang biasanya digunakan pada bangunan rumah, ruko dan masjid. Sedangkan pondasi dalam digunakan untuk konstruksi bangunan gedung tinggi yang mempunyai beban berat, penggunaan pondasi dalam biasanya digunakan pada gedung perkantoran, hotel, apartemen dll.

Sebelum melakukan pembuatan pondasi perlu dilakukan pengujian tanah dengan alat tes sondir, tes piezometer dan tes inclinometer untu mengetahui daya dukung tanah. Umumnya tanah mempunyai sifat yang beragam sehingga dapat mempengaruhi karakteristik tanah seperti pengaruh muka air tanahnya dan volume tanah yang terendam air. Alat yang digunakan untuk menganalisa karakteristik tanah adalah inclinometer.

 

Alat Inclinometer dan Probe

 

Cara Kerja Inclinometer

Pasang probe tersebut kedalam pipa khusus yang telah di desain untuk pengujian inclinometer, pipa tersebut memiliki jalur yang dapat dilalui oleh probe. Probe inclinometer mempunyai kekuatan terhadap gesekan dan terdapat sensor servo-accelerometer untuk mengukur kemiringan. Pipa tersebut dipasang kedalam tanah harus tegak dan lurus dengan ke dalaman yang telah ditentukan dan dipasang menghadap ke arah tempat pembacaan. Jika pipa kurang panjang dapat dilakukan penyambungan dengan pipa yang lainnya dengan cara di lem terlebih dahulu, kemudian dibor untuk dilakukan pemasangan sekrup dan di tutup rapat dengan isolasi hitam mengelilingi pipa.

Setelah instalasi pipa telah selelsai, pasangakan probe lalu hubungkan kabel probe dengan alat untuk pembaca pergerakan tanah yang terjadi, kemudian lakukan grouting untuk metupi  rongga-rongga pada pipa. Grouting dapat di kerjakan menggunakan pipa tremie atau katup grouting.

>>> Mau Beli Inclinometer ? Klik Disini <<<

Mixer, pompa nat, pipa atau selang adalah alat alat yang di butuhkan untuk mengalirkan bahan grouting itu sendiri . Jika ada ruang untuk pipa tremie di anulus antara pipa dan dinding lubang bor, proses grouting bisa di lakukan dengan cara memasukkan selang ke dalam lubang antara dinding tanah dan pipa.

 

Sumber gambar : www.geokon.com

Probe akan membaca pergerakan tanah dengan bantuan software yang ada dilaptop, sehingga pergerakan dapat terbaca dan bisa langsung dilakukan analisa.

 


 
Pengujian akan dilakukan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada pergerakan tanah, setelah itu lakukan analisa dan perhitungan untuk mengetahui karakteristik dari sifat tanah untuk pembuatan pondasi apakah mendukung atau tidak.

>>> Mau Beli Inclinometer ? Klik Disini <<<

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia peralatan pengujian menjual inclinometer dengan kualitas terbaik. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor telepon yang tertera di website ini atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Peran Inclinometer untuk Menganalisa Karakteristik Tanah

Horizontal In-Place Inclinometer (MEMS)
Horizontal In-Place Inclinometer (MEMS)
In-Place Inclinometer (VW)
In-Place Inclinometer (VW)
Glue-Snap ABS Inclinometer Casing
Glue-Snap ABS Inclinometer Casing
In-Place Inclinometer Systems (MEMS)
In-Place Inclinometer Systems (MEMS)