Peran Mesin Uji Tekan untuk Mengukur Kekuatan Baja

Baja merupakan suatu logam paduan dengan besi sebagai unsur dasar dan memiliki campuran beberapa elemen lain yaitu karbon, mangan, fosfor, sulfur, silicon, sebagian kecil oksigen, nitrogen dan alumuniun. Tiap jenis baja memiliki beberapa tambahan elemen lain sebagai perbedaan diantaranya : nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium.

Di Indonesia sendiri terdapat perusahaan-perusahaan terkemuka yang telah memproduksi untuk menyuplai bahan baku perusahan lainnya untuk proses produksi barang jadi. Salah satunya adalah perusahaan pembuat baja terbesar di Indonesia yang dikenal dengan PT Krakatau Steel.

PT Krakataru steel adalah perusahaan milik Negara yang memiliki beberapa produk bahan baku baja seperti: baja lembaran panas, baja lembaran dingin dan batang kawat baja billet. Sejak beberapa tahun perusahaan ini telah menyuplai bahan baku baja untuk konstruksi umum, las, pipa, tabung, komponen otomotif, jalur pipa gas, rangka kapal dan boiler.

Mesin Uji Tekan Baja

Pada umumya bahan baku baja yang disuplai adalah berbentuk pipa atau lembaran. PT Krakatau Stell sangat memperhatikan sekali tentang kualitas kekuatan baja yang akan dibuat bahan baku.

Cara untuk mengetahui kekuatan baja yaitu dengan cara uji kekuatan tekan. Pengujian tekan adalah satu-satunya metode untuk mengetahui sifat mekanik suatu bahan yang dapat menahan kompres dan ketika batas kuat tekan tercapai maka bahan akan terdeformasi atau mengalami perubahan bentuk.

Pengujian ini dapat dilakukan dengan menggunakan suatu mesin uji tekan dengan sistem manual yang sistem pengukuran data analog. Lambat laun, mesin uji tekan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Saat ini terdapat mesin uji tekan digital (Universal Testing Machine) dengan sistem kontrol dan dapat langsung dimonitoring lewat PC serta data pengukuran bisa langsung dibuat ke dalam file word atau excel.

Pada saat potongan pipa baja ditekan oleh dua pencekik, sensor pada kedua pencekik akan mengukur rata-rata kekuatan tekanan dan kemudian data tersebut akan dikirim ke PC melalui aplikasi dengan jalur komunikasi data yang dimiliki oleh mesin uji tekan.

Pada umumnyaUniversal Testing Machine ini tidak hanya dapat digunakan pada pengujian kekuatan tekan, namun mesin ini juga dapat digunakan untuk pengujian tarik benda, terkadang mesin ini juga disebut sebagai mesin uji Tarik.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia alat-alat pengujian menjual mesin uji tekan (Universal Testing Machine) dengan kualitas terbaik. Jika anda berminat untuk melakukan pemesanan, silakan hubungi staff kami melalui fitur chating yang ada di pojok bawah website ini atau menghubungi langsung nomor telpon yang tertera di webiste ini.




Produk Terkait dengan artikel Peran Mesin Uji Tekan untuk Mengukur Kekuatan Baja

Qc-513B2 Universal Testing Machine
Qc-513B2 Universal Testing Machine
Qc-506B1 Universal Testing Machine
Qc-506B1 Universal Testing Machine
Qc-506B Material Testing Machine
Qc-506B Material Testing Machine
Qc-505B1 Universal Material Testing Machine
Qc-505B1 Universal Material Testing Machine