Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Porting Polish Menggunakan Mesin Flowbench

Pernah mendengar istilah korek mesin ? untuk anda yang terjun di dunia otomotif dan racing pasti sering mendengar istilah tersebut. Dalam dunia engineering, istilah korek mesin disebut porting and polish (PnP). Tujuan utama PnP yaitu membuat tarikan menjadi lebih ringan dan tenaga mesin menjadi lebih besar.

Porting sendiri merupakan pekerjaan manual oleh mekanik untuk melancarkan jalan aliran udara dan bahan bakar dengan membentuk ulang kecepatan udara dan efisiensi volumetrik yang mengalir ke area lubang exhaust dan intake.

Sedangkan untuk polishing merupakan pekerjaan mekanik untuk menghaluskan area sekitar intake dan exhaust dengan tujuan proses penghisapan udara dan bahan bakar berjalan dengan lancar.

Lalu, apa hubungannya dengan Flowbench ?

Dilihat dari sistem kerjanya, Flowbench merupakan alat yang dapat mempermudah pengerjaan PnP dengan cara mengalirkan udara yang cukup kencang melalui lubang intake dan exhaust kemudian dianalisa seberapa cepat udara yang mengalir di dalam area lubang tersebut dalam hitungan per menit.

Kenapa harus menggunakan Flowbench?? Bukankah korek mesin (PnP) manual saja sudah cukup?

Jika melakukan porting polish secara manual mungkin aliran udaranya terlihat lebih lancar dan tarikan menjadi lebih kencang tapi tidak selalu membesarkan port intake dan exhaust membuat udara terus lancar.

Maka dari itu, dibutuhkan alat untuk melakukan simulasi udara untuk mengukur kecepatan udara yang mengalir dalamhitungan per menit, disinilah Flowbench berperan.

 

Pic source:modelaparts.net

Mesin Flow Bench untuk Porting and Polish (PnP)

Flow bench merupakan bagian dari mesin modifikasi tingkat tinggi yang selalu digunakan oleh bengkel balap, baik itu balap liar ataupun balap resmi. Dengan menggunakan mesin flowbench, hasil portingan bisa dilihat dan diukur secara akurat bukan sekedar menebak atau perkiraan saja.

Setiap membesarkan lubang port dapat memperlambat kecepatan udara dan tentu saja mempengaruhi mixture ketika berada di rpm rendah. Maka dari itu nilai CFM (cubic feet minute) yang dihitung tidak boleh mengurangi kecepatannya. Alat untuk mengetahui nilai tersebut yaitu Velocity Probe yang ada di dalam mesin flowbench.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia berbagai instrument dan mesin pengujian juga menjual mesin flowbench dengan kualitas terbaik dari brand “Superflow”. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Porting Polish Menggunakan Mesin Flowbench

SF-1020-SB SUPERBENCH
SF-1020-SB SUPERBENCH
SF-1020 PROBENCH
SF-1020 PROBENCH
SF-750 FLOWBENCH
SF-750 FLOWBENCH
SF-260 FLOWBENCH
SF-260 FLOWBENCH