Roughness Tester : Pengertian, Prinsip Kerja dan Cara Menggunakannya

Pada dasarnya, setiap material pasti memiliki tingkat kekasaran yang berbeda-beda tergantung proses produksi dan fungsi dari material tersebut. Setiap pelaku industri tentu saja harus mengetahui detail spesifikasi dari material yang digunakan mulai dari bentuk, ketebalan, ukuran dan tingkat kekasaran.

Secara definisi yang digunakan ISO 1302-1978, roughness atau kekasaran adalah penyimpangan rata-rata aritmetik dari garis rata-rata profil. Secara international, nilai kekasaran dibuat dalam Roughness Average (Ra) dan untuk tingkat kekasaran dinyatakan dalam Rz.

Roughness Tester

Sedangkan arti roughness atau kekasaran secara umum yaitu tidak halusnya suatu permukaan material yang disebabkan oleh pengerjaan mesin produksi. Alat yang biasa digunakan untuk mengukur kekasaran permukaan material disebut Roughness Tester.

Adapun jenis material yang sering diukur tingkat kekasarannya menggunakan roughness tester yaitu kaca, baja, plat besi, kayu, dan lainnya.

Prinsip Kerja Roughness Tester

Instrument ini menggunakan sensor transducer kemudian data yang diterima diolah menggunakan microprocessor dan nantinya akan keluar nilai pengukuran pada layar monitor. Pengukuran menggunakan roughness tester dapat diterapkan untuk berbagai posisi (horizontal, vertical, datar, dan lainnya).

Cara Menggunakan Roughness Tester

Alat ini merupakan alat portable berarti sangat praktis, mudah dibawa dan sangat mudah untuk digunakan. Supaya lebih jelas, berikut ini cara menggunakannya :

  • Siapkan benda atau material yang akan diuji
  • Tekan tombol power pada roughness tester sampai keluar angka nol pada monitor
  • Tempelkan sensor di atas material dan diamkan sampai proses selesai
  • Nantinya akan keluar nilai hasil pengukuran pada monitor

Ada banyak jenis roughness tester yang bisa dipilih, tergantung dari kebutuhan industri. Namun, pastikan Anda memilih instrument roughness tester dengan kualitas terbaik agar nilai hasil pengukuran lebih akurat dan tepat.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai alat ukur dan pengujian juga menyedaiakan roughness tester dengan kualitas terbaik. Informasi lebih jelasnya silakan hubungi kami melalui nomor teleponTelepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Roughness Tester : Pengertian, Prinsip Kerja dan Cara Menggunakannya

TIME3110 Surface Roughness Tester
TIME3110 Surface Roughness Tester
TIME3100 Surface Roughness Tester
TIME3200 Surface Roughness Tester
TIME3200 Surface Roughness Tester
TIME3202 Surface Roughness Tester
TIME3202 Surface Roughness Tester