Susunan Komponen pada Sensor LVDT

Sensor LVDT ( Linear Variable Differential Transformer )  yaitu alat sensor yang dapat menghitung jarak dan sudut ruang suatu objek. Sensor ini bekerja pada trafo diferensial dan menghubungkan antara kumparan primer dan sekunder.

 

sumber gambar: aguseb32.files.wordpress.com

Sensor LVDT

Diatas adalah gambaran alat LVDT, terdapat komponen – komponen pada alat LVDT yaitu  kumparan primer dan kumparan sekunder dan feromagnetik adalah inti dari alat lvdt. Pada bagian luar selonsong kumparan  tembaga di lilitkan memutar mengikuti selongsong, inti yang ada di alat tersebut terdapat di dalam selongosng. Dalam kumparan primer haruslah memiliki arus ac ( bolak – balik) karna arusnya bolak – balik kumparan primer terkadang mengalami perubahan arus magnetik di sekitar kumparan tersebut.


Jika di beri medan listik kuparan sekunder akan merngirimkan sinyal kepada inti yang ada di dalam trafo. Ketika inti trafo di posisikan pada pusat magnetic kumparan – kumparan yang ada akan menjadi nol (0). Dan ketika inti di arahkan ke sumbu selonsong maka inti akan menjauh dari inti pusat tersebut .

Biasanya, sensor LVDT digunakan untuk mengukur perpindahan dengan bentang jarak yang kecil millimeter (mm). Sensor potensiometer adalah komponen yang akan menjadi acuan untuk menghitung jarak pada ukuran yang besar, sedangkan sensor kapasif di gunakan untuk menghitung dan melihat perpindahan yang sangat sensitif.

Sebelum menggunakan LVDT kita harus mengetahui daerah linear dan frekuensi, tegangan, dan perubahan frekuensi yang dapat merubah kofiensi dari linear tersebut, sehingga nantinya dapat mengacaukan proses perhitungan.

Testing Indonesia sebagai penyedia berbagai macam alat pengujian menjual sensor LVDT dengan kualitas terbaik. Jika anda berminat untuk membeli sensor ini, silakan hubungi staff kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini, atau bisa juga menghubungi langsung nomor telpon yang tertera di website ini.





Produk Terkait dengan artikel Susunan Komponen pada Sensor LVDT

InduSENSOR DTA gages
InduSENSOR DTA gages
InduSENSOR LVP series
InduSENSOR LVP series
InduSENSOR LDR
InduSENSOR LDR
InduSENSOR VIP series
InduSENSOR VIP series