Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Tips Memilih Hardness Tester dengan Tepat

Kekerasan merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk menentukan standart dan kualitas suatu material khususnya logam. Alat yang digunakan untuk mengukur nilai kekerasan dengan cepat dan akurat yaitu hardness tester.

Berdasarkan sistem kerjanya, alat ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu portable hardness tester dan Bench hardness tester. Setiap jenis hardness tester memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda tergantung dari fungsinya.

 

 

Tips Memilih Hardness Tester

Dalam memilih hardness tester yang tepat, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan agar tidak terjadi kesalahan pada saat pengujian, diantaranya adalah :

Pilih Berdasarkan Metode Pengujian yang Digunakan

Setiap jenis hardness tester dibuat berdasarkan metode pengujian yang dilakukan. Misalkan, untuk pengujian rockwell maka pilihlah rockwell hardness tester, sedangkan untuk pengujian dengan metode Brinell maka gunakan Brinell hardness tester.

Pilih Berdasarkan Material yang Diuji

Setiap jenis alat uji kekerasan memiliki nilai pengukuran serta gaya tekan yang berbeda-beda disesuaikan dengan material yang akan diuji. Contohnya, untuk material yang sangat tipis dan kecil maka bisa menggunakan Vickers hardness tester. Sedangkan untuk material yang cukup tebal bisa menggunakan rockwell atau Brinell hardness tester.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda untuk memilih hardness tester :

  • Apakah pengujian yang dilakukan membutuhkan skala kekerasan khusus untuk digunakan ?
  • Apa jenis material yang akan diuji ? metode pengujian apa yang akan digunakan (Brinell, rockwell, vikcers) ?
  • Berapa ukuran atau besar material yang akan diuji ?
  • Berapa besar tingkat akurasi yang dibutuhkan?
  • Apakah anda memiliki pengetahuan dalam melakukan uji kekerasan?
  • Berapa banyak anggaran atau dana yang anda miliki?

 

 

Melakukan Verifikasi Hasil Pengujian

Setiap metode pengujian memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pengujian yang sulit dilakukan untuk suatu metode, bisa menjadi sangat mudah dan cepat jika dilakukan dengan metode yang lain.

Walaupun setiap hardness tester hampir terlihat mirip, namun memiliki banyak fitur yang berbeda sehingga dapat mempengaruhi tingkat akurasi dan produktivitas secara signifikan. Maka dari itu, setiap hasil pengujian harus diverifikasi terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan atau standart pengukuran yang telah ditetapkan.

Memilih hardness tester yang tepat dapat memberikan hasil pengukuran yang sesuai, jika salah pilih maka sangat berpengaruh terhadap nilai hasil pengukuran nantinya. Semoga tips ini dapat membantu anda.

Jika Anda berminat ingin membeli hardness tester tapi masih bingung cara memilihnya, kami siap membantu. Testing Indonesia menjual berbagai hardness tester berkualitas dengan harga yang bersahabat.

Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0857-4065-2657Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Tips Memilih Hardness Tester dengan Tepat

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV