Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Uji Sondir untuk Menentukan Tanah Keras dan Daya Dukung Tanah

Sebelum proses pembangunan suatu konstruksi maka harus dilakukan kesiapan dan beberapa pengujian yang nantinya akan menjadi acuan dalam perencanaan pondasi. Pengujian bisa dilakukan langsung di lapangan dan di dalam laboratorium.

Pengujian di lapangan biasanya menggunakan instrument untuk menganalisa berbagai informasi yang ada di dalam tanah, tujuannya untuk mendapatkan tanah keras atau tanah dukung yang bisa dijadikan landasan pondasi bangunan nantinya.

Sedangkan proses pengujian di dalam laboratorium biasanya menggunakan zat-za cair yang di tuangkan ke tanah sampel untuk mengetahui kadar air, kandungan di dalam tanah, berat jenis tanah dan lainnya.

Setiap bangunan membutuhkan daya dukung tanah yang sangat tinggi karena sangat erat kaitannya dengan faktor keamanan bangunan itu sendiri. Jika daya dukungnya kurang dapat menyebabkan bangunan mengalami penurunan dan kemiringan.

Pengujian seperti ini disebut uji sondir.Pengujian ini menggunakan alat khusus yang dioperasikan oleh beberapa orang di lapangan. Pengujian sondir berfungsi untuk membaca penetrasi konus, hambatan lekat tanah dan gaya geser tanah

Sumber gambar : ilmusipil.com

Alat Sondir Manual

Sebelum melakukan pengujian, para pekerja harus membuat sebuah pondasi untuk meletekan kaki pada alat sondir agar tidak goyang saat pengujian. Pembuatan pondasi dilakukan dengan menggunakan Hand Bor yang diputar ke dalam tanah.

Lalu setelah membuat lubang, masukan besi sebagai pondasi dan lubang tersebut ditutup dengan tanah agar besi tidak goyang. Setelah selesai pembuatan pondasi, kaki sondir dapat dipasangkan dengan besi pondisi tersebut dan dikecangkan.

Cara kerja sondir harus dibantu beberapa orang untuk melakukannya, tuas yang ada di kanan dan kiri harus diputar agar jarum sondir dapat menusuk ke dalam tanah. Jarum indicator akan menunjukan angka yang dapat dilakukan perhitungan selanjutnya.

Pengujian banyak dilakukan namun masih menggunakan manual (konvensional) yang pengerjaanya terbilang lama. Pengujian tanah secara modern dapat dilakukan dengan menggunakan HMP SON yang dapat memberikan nilai langsung dilokasi pengujian.

alat sondir hmp son

Sumber gambar : szkurlat.pl

Alat Sondir HMP SON

Cara kerja HMP SON adalah letakkan dan hidupkan alat ini di lokasi pengujian. Setelah dilakukan setting, maka hammer akan naik dan turun untuk memukul besi dari alat ini, besi akan masuk ke dalam tanah dan akan terbaca oleh sensor ultrasonic yang berada dibawah layar LCD.

alat sondir hmp son

Sumber gambar : szkurlat.pl

Nilai dari pengujian akan tersimpan otomatis di dalam monitor yang terdapat pada HMP Son. Terdapat sebuah mesin cetak (printer) untuk mencetak hasil pengujian dilapangan tersebut. Layar hanya perlu dilepaskan dari tempatnya dan disambungkan dengan kabel printer, maka hasil pengujian sudah tercetak.

Sangat mudah bukan??

Jika Anda berminat untuk membeli alat sondir HMP SON ini silakan hubungi kami ke nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Uji Sondir untuk Menentukan Tanah Keras dan Daya Dukung Tanah

HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
HMP LFG (Light Weight Deflectometer)
Rp. 180.000.000
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP PDG Static (Plate Load Tester)
HMP SON
HMP SON