Waspadai Suara Abnormal pada Mesin..!!!

Mesin merupakan benda bergerak yang dapat membantu pekerjaan manusia seperti mesin pemotong rumput, mesin motor, mesin mobil, dan mesin-mesin yang ada di dalam industri. Namun, mesin yang digunakan secara terus-menerus akan mengalami kerusakan secara perlahan ataupun secara langsung.

Di dalam mesin terdapat oli pelumas sebagai pelusan agar gesekan mesin bisa diredam dengan oli tersebut, jika perawatan mesin tidak dilakukan secara berkala maka akan mengalami kerusakan didalam mesin.

Seperti contoh mesin di dalam industri, terdapat banyak mesin yang berbagai ukuran dan mempunyai fungsi masing-masing. Terkadang perawatan sering kali tidak sesuai jadwal, karena mesin dianggap masih dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala yang terlihat jelas.

Para pengguna mesin terkadang acuh untuk melakukan perawatan karena harus di kejar dengan target produksi, mesin yang terus bekerja tanpa disadari akan mengalami bunyi-bunyi bising atau mencicit yang sebagai tanda bahwa komponen mesin sudah mengalami kerusakan.

Jika sudah terjadi kerusakan yang besar, maka mesin akan mati dan berdampak kepada biaya opersional dan produksi yang menurun, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk menjaga mesin berjalan dengan oprimal.

Periksa mesin secara berkala, baik dari komponen mesin maupun pada fisik dari mesin tersebut, ganti setiap komponen jika sudah mengalami kerusakan atau kehausan karena terkena gesekan. Simpan dan catat setiap kali melakukan pergantian ataupun perawatan.

Dengan dilakukannya perawatan, maka performa mesin akan tetap terjaga dan tidak ada biaya pengeluaran yang berlebih.

Berikut suara-suara kerusakan pada mesin yang biasa terjadi :

  1. Suara dengung pada mesin : Periksa setiap komponen pada mesin, mungkin pemasangan ada yang tidak sesuai.
  2. Suara mencicit pada mesin : Kurangnya pelumasan pada mesin, sehingga gesekan pada mesin akan berbunyi mencicit
  3. Suara kasar seperti dua logam berbenturan keras : Komponen sudah mengalami kehausan karena gesekan yang terjadi sehingga komponen mesin akan mengalami kerusakan.

vibration sensor

Vibration Sensor

Semua suara abnormal pada mesin di atas bisa diketahui menggunakan sensor getaran atau vibration sensor. Dengan sensor ini, tingkat getaran dan kebisingan pada mesin karena terjadinya kerusakan atau aus bisa langsung diketahui sebelum terjadinya kerusakkan yang lebih besar lagi. Sedangkan instrument yang digunakan untuk mengukur getaran disebut vibration meter.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai macam sensor juga menjual vibration sensor dengan kualitas terbaik. Informasi lebih jelas terkait pemesanan silakan hubungi kami di nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Waspadai Suara Abnormal pada Mesin..!!!

HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via 2 Pin MS Connector
HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via 2 Pin MS Connector
HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via M12 Connector
HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via M12 Connector
HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via Braided Cable
HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via Braided Cable
HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via Flame Retardant Cable
HS-100 Accelerometer - AC acceleration output via Flame Retardant Cable