Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







3D Laser Scanner untuk Renovasi Pusat Perbelanjaan

RM Surveys, sebuah perusahaan Australia yang menyediakan solusi survey end-to-end dan jasa 3d laser scanning untuk industri, sumber daya, dan perumahan tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek baru ketika dihubungi oleh sebuah perusahaan konstruksi tentang membuat model arsitektural dan struktural Revit BIM dengan tingkat survey untuk renovasi Pusat Perbelanjaan Kardinya Park. RM Survey menggunakan 3D Laser Scanner untuk renovasi pusat perbelanjaan tersebut.

Pusat perbelanjaan Perth berencana untuk memperluas dan meningkatkan fasilitas untuk meningkatkan daya tarik dari pusat dan membawa toko-toko baru, fasilitas serba guna, dan parkiran bertingkat kepada masyarakat setempat.

Klien membutuhkan model Revit BIM untuk arsitek, engineering, dan manajer fasilitas untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan secara akurat. Tim Survey RM ditugaskan oleh arsitek untuk mengambil gambar area tersebut seluas 90.000 m2, menyediakan model as-built yang lengkap dari BIM Level of Development (LOD) 300 untuk eksterior dan LOD 200 untuk interior untuk perencanaan umum, keterlibatan awal, konsultasi, dan membantu desain bangunan pusat perbelanjaan tersebut.

Pemindaian dan pemodelan dengan cepat

Tim RM Survey menggunakan beberapa 3D Laser scanner dari Leica Geosystems untuk mengambil, memodelkan dan menganalisis data. Secara eksternal ada perubahan topografi yang sangat drastis di sepanjang sudut barat daya bangunan tersebut dengan dinding penahan tinggi.

Untuk lebih mudah mengambil dan memodelkan topografi rumit tersebut dalam bentuk 3D, tim RM Survey menggunakan 3D Laser scanner dari Leica Geosystems untuk mengambil, memodelkan, dan menganalisis data.

Pekerjaan dimulai dengan menggunakan 3D Laser Scanner ScanStation P40, RM Survey menggunakan laser scanner ini untuk bagian depan bangunan. Lalu selanjutnya menggunakan 3D Laser Scanner RTC360. 3D Laser Scanner RTC360 ini terkenal karena portabilitas, registrasi data point cloud yang dapat diambil secara langsung, dan kemampuan visualisasi yang kuat. Saat siang hari, tim RM Survey bekerja saat pusat perbelanjaan tersebut sedang buka, dengan masih banyak pengunjung yang datang, walaupun begitu dengan desain 3D Laser Scanner RTC360 yang simple ini pengunjung tetap tidak terganggu.

Biasanya saat melakukan scanning atau pemindaian, tempat dengan banyak orang di pusat perbelanjaan bisa menciptakan ‘ghost point’ yaitu titik yang menutup objek yang diinginkan atau discan, ini perlu dihapus secara manual saat pemrosesan point cloud. Setelah ghost point dihapus, hasil scanning tersebut masih menyisakan celah titik yang hilang.

Nah dengan 3D Laser Scanner RTC360 ini, tidak perlu khawatir lagi dengan ghost point tersebut karena 3D laser scanner ini memiliki fitur Double Scanning atau Pemindaian Ganda, fitur tersebut menghasilkan point cloud yang bersih dan lengkap yang bisa meningkatkan kinerja.

Keuntungan lain dari RTC360 adalah 3D Laser Scanner ini di desain untuk dapat dikombinasikan dengan Scan & Go UPLIFT 500 sebagai fungsi untuk memindai / scan langit-langit bangunan.

Kecepatan dari 3D Laser Scanner RTC360 ini sudah terlihat oleh tim RM Survey dalam meningkatkan alur kerja (work flow) mereka di lokasi pengerjaan, mereka meningkatkan jumlah pemindaian yang bisa mereka lakukan per hari.

Registrasi point cloud otomatis (berdasarkan teknologi VIS) dan transfer data yang cepat dari lokasi pengerjaan ke kantor pusat membantu tim RM Survey mengurangi waktu di lokasi pengerjaan dan waktu yang harus dihabiskan tim untuk memperketat registrasi akhir, membantu mereka mengurangi sebagian besar bekerja di kantor. Untuk menghitung penghematan waktu, tim dapat menyelesaikan pekerjaan 45% lebih cepat menggunakan RTC360.

Tim RM Survey melakukan sekitar 150 pemindaian per hari menggunakan 3D Laser Scanner RTC360 dengan pemindaian terbanyak selesai dalam resolusi sedang, dan beberapa area yang lebih kecil dari pusat perbelanjaan dalam resolusi rendah. Sebanyak 1.200 scan interior dan eksterior dihasilkan dari proyek renovasi tersebut. Awalnya, tim RM Survey hanya ditugaskan untuk menyelesaikan pekerjaan eksternal. Setelah melihat hasil datanya, klien sangat terkesan dengan pekerjaan mereka sehingga tim RM Survey juga dipekerjakan dalam proyek tersebut dan menyelesaikan pemindaian internal dalam waktu lima hari.

Data yang diambil dari pemindaian ini dibersihkan dan didaftarkan menggunakan software post-processing Leica Cyclone REGISTER. Autodesk ReCap digunakan untuk menghasilkan file rcp untuk LOD 200 dan untuk pemodelan LOD 300 yang lebih detail menggunakan Autodesk Revit.

Pelajaran yang dipetik

Dari awal, tim mendekati proyek dengan harapan bahwa mereka akan melakukan cakupan penuh dan merencanakan semua metodologi survey sesuai dengan cakupan penuh. Ini melibatkan pembuatan jaringan kontrol yang luas dan melibatkan pengambilan gambar menggunakan drone, radar penembus-tanah dan konsultasi dengan surveyor berlisensi.

Selain itu, tim Survey RM memastikan bahwa mereka dikonsultasikan sebagai konsultan spasial, mengenai data apa yang akan digunakan selama pengerjaan renovasi.

Penting untuk mencatat konsultasi dan komunikasi sejak dini dalam ruang lingkup proyek. Tim RM Survey terlibat dalam konsultasi tentang akurasi data drone dibandingkan dengan data point cloud yang diambil dari ScanStation P40 dan RTC360.

Dengan berkonsultasi dan memahami informasi ini di awal proyek, RM survey memiliki rencana untuk ketika tiga bulan ke depan jika mereka diminta oleh fabricator jika model BIM cocok untuk digunakan untuk baja.

Salah satu saran dari tim RM Survey adalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam tahap perencanaan, mempertimbangkan peluang multidisiplin dan memprediksi apa yang menjadi permintaan klien di masa depan.

Dengan melakukan survey laser scanning pada seluruh bangunan luar, RM Survey dapat menghemat waktu dan uang klien dengan menghasilkan informasi dan gambar untuk beberapa sub-kontraktor tanpa perlu ada orang yang melakukan remobilisasi ke lokasi.

Pekerjaan ini tidak akan mungkin terjadi tanpa kecepatan dan produk yang kaya data dicapai dengan menggabungkan teknologi kedua 3D Laser Scanner RTC360 dan P40, serta software Leica Cyclone REGISTER. Tanpa teknologi ini, sejumlah besar survey ini akan diselesaikan menggunakan metode tradisional yang membutuhkan lebih banyak waktu dan memberikan informasi lebih sedikit kepada klien.

Proyek ini hanyalah salah satu dari banyak contoh di mana RM Survey menggunakan teknologi terbaru untuk mengambil gambar yang mirip dengan aslinya lalu mengubahnya menjadi model 3D.

Testing Indonesia jual 3d laser scanner dan menyediakan jasa 3d laser scanning dengan menggunakan alat dari Leica. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi 021 2956 3045 (Office), sales@testingindonesia.com (Email), 0813 9929 1909 (Whatsapp, Bpk. Zulfikri).




Produk Terkait dengan artikel 3D Laser Scanner untuk Renovasi Pusat Perbelanjaan

Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner