Phone / Whatsapp

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Alat Ukur Getaran, Solusi Mengukur Getaran pada Suatu Mesin

Biasanya semua objek di bumi ini pasti bergetar, benda sekitar kita pun menghasilkan getaran. Perlu diketahui, getaran dapat diukur, cara melakukannya yaitu dengan menggunakan Vibration Meter atau Vibration Tester. 

Vibration Meter atau Alat Ukur Getaran adalah suatu alat yang dipakai untuk mengukur gerakanatau getaran dari suatu mesin sebagai reaksi adanya gaya dalam (gaya yang dihasilkan oleh suatu mesin) maupun gaya luar (gaya yang berasal dari luar mesin atau sekitarnya).

Alat Ukur Getaran digunakan untuk mengukur pergerakkan atau getaran secara berkala dan untuk memeriksa ketidakseimbangan dan kesalahan gerak mesin. Alat ini biasa digunakan untuk mengukur getaran suatu mesin seperti motor, pompa, dan mesin bergetar lainnya, terutama dalam dunia industri.

Terdapat dua jenis Vibration Meter:

  • Mengukur dampak getaran mesin terhadap manusia (Human Vibration)
  • Mengukur berapa besar paparan mesin (Portable Vibration Meter)

Cara kerja Alat Ukur Getaran ini yaitu dengan menempelkan Vibration Sensor atau magnetic base nya ke benda atau mesin yang ingin diukur, lalu magnetic base akan mengirimkan data melalui kabel ke unit pembaca. Setelah itu Vibration Meter akan menunjukkan kuatnya getaran pada benda atau mesin yang diukur, sehingga bisa dilakukan tindakan konfigurasi atau yang sesuai dengan nilai batasnya.

Dengan melakukan pengukuran dan Analisa getaran secara berkala, kita dapat mendeteksi apakah mesin berjalan normal atau tidak. Dengan menggunakan Vibration Meter ini juga dapat mencegah para pekerjanya dari paparan getaran yang tinggi.

Kelebihan dari Vibration Meter:

  • Mengetahui Kondisi Mesin.
  • Mencegah Kecelakaan Kerja.
  • Mudah dibawa dan digunakan.
  • Hasil ukuran yang akurat.

Itulah penjelasan mengenai Alat Ukur Getaran atau Vibration Meter. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga industri-industri di Indonesia dapat menerapkan penggunaan Vibration Meter ini.

Testingindonesia.com jual alat ukur getaran berkualitas dengan harga yang terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi 021-2956-3045 atau email sales@testingindonesia.com

 




Produk Terkait dengan artikel Alat Ukur Getaran, Solusi Mengukur Getaran pada Suatu Mesin

TV120 Vibration Tester
TV120 Vibration Tester
Vibration Pen TV260
Vibration Pen TV260
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | VIBCHECK
Vibration Meter | VIBCHECK