Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Alat Ukur Kekerasan, Solusi Mengukur Kekerasan pada Material

Kekerasan dari suatu material harus diketahui, terutama untuk material yang selama penggunaannya akan mengalami gesekan dan deformasi (pengaruh gaya). Maka dari itu harus dilakukan yang Namanya Uji Kekerasan.

Kenapa Harus Dilakukan Uji Kekerasan?

Untuk menjaga kualitas dari produk, maka setiap material harus diukur nilai kekerasannya dengan melakukan uji kekerasan. Cara kerjanya pun sederhana, yaitu dengan melakukan uji pada bagian permukaan suatu material dengan besar gaya yang sudah ditentukan.

Alat yang biasa digunakan untuk melakukan Uji Kekerasan adalah Alat Ukur Kekerasan atau bisa disebut Hardness Tester adalah salah satu dari sifat mekanik (Mechanical Properties) dari suatu material.

Terdapat 3 Metode yang dapat diterapkan untuk melakukan Uji Kekerasan:

Brinnel (HB/BHN)

Metode Brinnel merupakan metode yang sering digunakan. Cara kerjanya yaitu dengan cara menekankan beban pada material yang kan diuji dengan ukuran beban yang sudah ditentukan, lalu mengukur dan menganalisa bekas yang sudah dibuat Alat Ukur Kekerasan/Hardness Tester.

Pengujian ini bertujuan untuk menentukan kekerasan suatu material dalam bentuk daya tahan material terhadap indentor berbentuk bola yang ditekan pada permukaan material uji tersebut. Lebih tepatnya metode Brinnel ini ditujukan untuk material yang memiliki permukaan kasar dengan uji kekuatan sebesar 500 – 3000 kgf.

Rockwell (HR/RHN)

Jika Metode Brinnel menggunakan Indentor berbentuk bola, metode Rockwell menggunakan indentor berbentuk Kerucut. Setelah itu ditekankan pada material yang akan diuji dengan besar gaya yang sudah ditentukan. Nilai kekerasan berasal dari pengukuran kedalaman indentasi pada material setelah diberi tekanan.

Vickers (HV/VHN)

Metode Vickers menggunakan Alat Ukur Kekerasan berbentuk seperti piramida dengan sudut 136 derajat. Metode ini digunakan untuk mengukur material logam berukuran kecil seperti serbuk besi, logam olahan, atau lainnya karena beban yang ditentukan lebih kecil dibanding metode Brinnel dan Rockwell yaitu sekitar 1 – 1000 gram.

Testingindonesia.com jual alat ukur getaran atau hardness tester untuk memenuhi kebutuhan pengujian Anda. Jika tertarik silahkan hubungi 021-2956-3045 atau email sales@testingindonesia.com. Anda juga bisa melakukan chat online yang ada di pojok kanan bawah di website ini.




Produk Terkait dengan artikel Alat Ukur Kekerasan, Solusi Mengukur Kekerasan pada Material

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV