Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Begini Proses Pengujian Menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Test

Pada suatu pembangunan infrastruktur seperti gedung, jembatan, jalan ton, dan bangunan lainnya yang menggunakan beton sebagai bahan dasarnya. Perlu diketahui bahwa beton perlu diuji kualitasnya supaya mampu menahan beban infrastruktur tersebut. Pengujian beton yang paling akurat yaitu dengan menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Test.

Pengujian menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Test dilakukan untuk mengetahui kualitas suatu beton dengan menggunakan metode kecepatan pada pulse electro yang sesuai dengan standar IS: 13311.

Prinsip dasar dari pengujian ini yaitu menggunakan metode yang akan mengukur perjalanan pulse ultrasonic dengan cara melewati beton yang sedang dilakukan pengujian. Kecepatan pengujian ini akan lebih relatif terhadap beton yang memiliki kualitas kepadatan, uniformity, dan homogenitas di atas rata-rata.

Alat untuk melakukan pengujian ini dinamakan Ultrasonic Pulse Velocity Tester. Dengan alat upv ini, pengujian beton jadi lebih mudah dilakukan.

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan saat melakukan pengujian beton menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Tester:

Prosedur Sebelum Menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Tester

Lakukan Persiapan Penggunaan Alat

Sebelum menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Tester ini, perlu dilakukan persiapan seperti menyalakan meteran V, menghubungkan tranduser pada tanda TRAN dan REC. Meteran V sendiri juga dapat digunakan dengan baterai tanam/internal, baterai external, atau dengan saluran pada AC.

Melihat Petunjuk Penggunaan Alat

Petunjuk penggunaan Ultrasonic Pulse Velocity Tester biasanya sudah disediakan dalam paket pembelian untuk melakukan pemeriksaan pada alat upv tersebut.

Memperhatikan Jarak

Sebelum menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Tester, disarankan untuk melihat akurasi maksimum pada alat tersebut. Rentang yang direkomendasikan biasanya dikisaran 0,1 mikrodetik untuk panjang 400m.

Pulse Velocity

Setelah selesai menentukan titik pengujian yang ideal untuk material beton, Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengukuran pada panjang lintasan L dengan teliti. Setelah itu oleskan couplant pada permukaan tranduser sambil menekannya pada permukaan material.

Perlu diketahui bahwa jangan memindahkan tranduser selama pengujian sedang berlangsung, karena bisa menghasilkan sinyal noise dan dapat menyebabkan kesalahan pengukuran.

Lalu lanjutkan dengan meletakkan tranduser pada permukaan material sampai hasil pembacaan muncul pada layar alat upv, hasil pengujian tersebut adalah waktu tempuh pulse ultrasonic dalam jarak L. Nilai rata-rata dari pembacaan akan diambil saat Ultrasonic Pulse Velocity Tester tersebut melakukan pencarian nilai digit kedua.

Proses Pengujian Ultrasonic Pulse Velocity Tester

Pemisahan pada Waktu Tempuh Tranduser

Saat dua tranduser saling berhubungan ketika sedang melakukan pengukuran, sangat disarankan untuk melakukan pencegahan. Karena jika tidak, kemungkinan kabel receiver sinyal akan melakukan pengambilan sinyal yang tidak diinginkan, hal ini bisa mengakibatkan kesalahan pada saat waktu transit ditampilkan.

Hasil Pengukuran

Saat pengujian selesai, hasil kualitas pada beton yang diuji tentu akan beragam seperti ada atau tidaknya cacat internal, retak, dan lainnya. Untuk nilai beton yang sudah dilakukan pengujian, Anda dapat melakukan memisahkan beton berdasarkan kualitas struktur, dan kecepatan yang dihasilkan pulse electro seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Testingindonesia.com jual ultrasonic pulse velocity test untuk kebutuhan pengujian Anda. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Office : 021 2956 3045, Email : sales@testingindonesia.com, Whatsapp: 0813 9929 1909 (Zulfikri)




Produk Terkait dengan artikel Begini Proses Pengujian Menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity Test

A1410 PULSAR
A1410 PULSAR
UK1401 SURFER
UK1401 SURFER