Phone / Whatsapp

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Cara Kerja Vibration Meter dan Acceleration Sensor dalam Menganalisa Getaran Mesin

Setiap mesin industri tentunya memiliki umur atau masa pemakaian sehingga dibutuhkan perawatan secara rutin agar terhindar dari kerusakan. Salah satu metode perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengamati getaran pada mesin menggunakan alat yang disebut vibration meter.

Alat ini dapat menganalisa kerusakan pada suatu mesin industri melalui sinyal getaran yang dihasilkan oleh mesin tersebut. Mau tahu cara kerjanya ?? berikut ini ulasannya :

Cara Kerja Vibration Meter

Vibration meter merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menganalisa sinyal getaran pada mesin. Dibagian probe terdapat acceleration sensor yang digunakan untuk menghasilkan sinyal tegangan ketika ditempelkan pada getaran mesin. Sinyal tegangan ini nantinya akan dikirim ke perangkat vibration meter melalui kabel perangkat. Sehingga akan terlihat grafik dan nilai hasil pengukuran getaran.

 

Cara Kerja Acceleration Sensor

Acceleration sensor bisa diumpamakan seperti stetoskop yang biasa digunakan para dokter untuk melakukan pemeriksaan bagian tubuh manusia. Jadi, acceleration sensor digunakan untuk menganalisa signal getaran pada mesin yang nilainya bisa terlihat pada layar vibration meter yang sudah terintegrasi dengan acceleration sensor.

Kebanyakan acceleration sensor yang digunakan untuk dunia industri yaitu model piezoelectric pressure tipe acceleration sensor dengan tingkat sensivitas 100 mV/g. Model ini merupakan sensor yang memiliki sistem kerja sederhana.

Piezoelectric Crystal (bagian dalam element) berfungsi untuk menghasilkan muatan listrik ketika mengalami deformasi. Nantinya muatan listrik ini dialirkan ke bagian elektronik sensor untuk menghasilkan tegangan. Selanjutnya, tegangan ke vibration meter melalui kabel konektor.

Dengan kata lain, acceleration sensor digunakan ketika mesin sedang beroperasi. Massa yang dimuat di dalamnya akan menghasilkan deformasi pada piezoelektrik dan menghasilkan sinyal tegangan melalui output sensor.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai alat pengujian dan pengukuran menjual vibration meter berkualitas dengan harga yang terjangkau. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 & Email: sales@testingindonesia.com Atau bisa juga memanfaatkan layanan fitur chating online yang ada di pojok kanan website ini




Produk Terkait dengan artikel Cara Kerja Vibration Meter dan Acceleration Sensor dalam Menganalisa Getaran Mesin

TV120 Vibration Tester
TV120 Vibration Tester
Vibration Pen TV260
Vibration Pen TV260
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | VIBCHECK
Vibration Meter | VIBCHECK