Phone / Whatsapp

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Hardness Testing untuk Mengukur Kekerasan Material atau Benda

HARDNESS TESTING adalah pengujian kekersan untuk menilai karakter suatu material atau benda. Metode yang paling sering digunakan dalam pengujian kekersan yaitu metode dynamic rebound (Leeb) dan ultrasonic contact impedance (UCI). Metode dynamic rebound seringkali disebut metode pantulan, cara kera dari metode ini adalah permukaan logam nantinya akan dijatuhkan penumbuk dan nantinya nilai kekerasan akan dianalisa dari energi tumbuknya.

Sedangkan untuk metode Ultrasonic Contact Impedance (UCI) menggunakan pegas untuk menerapkan gaya pada induktor berlian Vickers. Nantinya, Batang “rod” akan menghasilkan resonansi sehingga indentor berlian Vickers menembus sampel atau material uji.

Lekukan resultan menciptakan gaya jepit ke ujung indentor yang sebanding dengan ukurannya dan menyebabkan pergeseran frekuensi ke batang. Jumlah pergeseran frekuensi diukur dan terkait dengan ukuran lekukan Vickers. Hasil pengujian nantinya akan dikonversi menjadi skala nilai kekersan lainnya diantaranya Vickers, Rockwell dan Brinell.

Metode Leeb biasanya dipakai untuk menguji benda yang bentuknya solid, memiliki struktur yang kasar dan terbuat dari material yang logam yang keras seperti baja, alumunium, logam campuran dan logam non ferrous lainnya, sedangkan metode UCI tepat digunakan untuk menguji benda atau material yang ukurannya kecil, berbentuk kompleks, memiliki dinding atau lapisan yang tipis, dan bagian permukaan yang keras.

Saat ini sudah ada alat uji kekerasan Novotest hardness tester yang bisa digunakan untuk menganalisa nilai kekerasan pada material yang biasa digunakan pada industri pabrikasi dan juga konstruksi seperti jalan, jembatan, dan bangunan lainnya. Selain itu, hardness tester juga sering dipakai pada laboratorium baik di lembaga penelitian ataupun laboratorium yang ada di perusahaan.

Perbedaan Leeb dan UCI

Dalam menentukan metode leeb atau UCI maka harus dilihat dahulu objek atau material apa yang akan diuji. Ada 2 parameter yang harus diperhatikan dalam menguji suatu material yaitu berat dan ketebalan. Jika Anda ingin melakukan pengujian material dengan berat lebih dari 5 kg, dan ketebalan lebih dari 10 mm, maka sebaiknya menggunakan metode Leeb.

Namun, jika Anda ingin melakukan pengujian objek yang beratnya kurang dari 5 kg (lebih dari 100 g), dan ketebalan lebih dari 1 mm, maka sebaiknya memilik pengujian dengan metode UCI.

Memilih Jenis Hardness Tester

Memilh tipe hardness tester yang dipakai maka harus disesuaikan dengan material yang diuji. Ada 4 macam hardness tester dengan skala yang berbeda yaitu skala brinell, shore, rockwell, dan vickers. Skala brinell dan shore dipakai untuk menguji kekerasan logam yang lunak, skala rockwell digunakan untuk menganalisa nilai kekerasan logam medium, sedangkan skala vickers digunakan untuk mengukur kekerasan logam keras dan berukuran sangat kecil.

Novotest menyediakan hardness tester untuk uji kekerasan semua skala tersebut. Ada 2 macam hardness tester yaitu bench hardness tester dan portable hardness tester. Bench hardness tester ukurannya cukup besar dengan berat lebih dari 50 kg yang biasanya digunakan untuk workshop atau laboratorium. Sedangkan portable hardness tester sering dipakai untuk uji kekerasan di lapangan, karena memiliki desain yang sangat praktis, ringan, dan mudah digunakan.

Jika saat ini Anda sedang mencari Jual Hardness Tester dari Novotest maka Anda sudah berada di website yang tepat. Testing Indonesia menjual berbagai jenis Hardness tester dengan harga yang terjangkau.

Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 & Email: sales@testingindonesia.com Atau bisa juga memanfaatkan layanan fitur chating online yang ada di pojok kanan website ini.

 




Produk Terkait dengan artikel Hardness Testing untuk Mengukur Kekerasan Material atau Benda

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV