Phone / Whatsapp

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Ini Alasan Kenapa Uji Getaran pada Mesin Industri Harus Dilakukan

Getaran merupakan salah satu indicator adanya masalah atau gangguan pada suatu mesin, karena jika suatu mesin bergetar dengan kencang dapat mengalami aus sehingga mesin butuh perbaikan dengan cepat agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar lagi.

Mengapa bisa begitu ?

Karena mesin merupapkan rangkaian komponen yang saling berhubungan, sehingga jika satu komponen mengalami kerusakan atau aus maka dapat menimbulkan efek yang negative pada komponen lainnya yang masih terhubung.

Maka dari itu, getaran harus dianalisa secara menyeluruh karena jika hanya satu komponen saja yang diperbaiki atau diganti spare partnya tanpa memperhatikan komponen lainnya berpotensi menimbulkan kerusakan.

Vibration Meter (Alat Uji Getaran)

Bukan itu saja, getaran ini juga harus diwaspadai oleh pekerja atau operator. Pasalnya, tidak sedikit pekerja yang terlukan karena efek dari getaran mesin.

Ada 2 macam efek getaran yaitu :

Hand Arm Vibration (HAV) : Getaran ini memberikan pengaruh pada tangan si pekerja . Beberapa peralatan dan mesin yang dapat menimbulkan getaran ini yaitu chain saw, scalling hammer, bor, gerinda, mesin compactor, dll.

Whole Body Vibration (WBV) : Jenis getaran ini berefek pada seluruh bagian tubuh seperti operator alat berat, melakukan pekerjaan di lantai pabrik yang terpengarauh getaran mesin produksi, operator mesin CNC, dan lainnya.

Dengan melakukan uji atau Analisa getaran maka Analisa getaran mesin ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat uji yang disebut vibration meter. Namun, dibutuhkan orang yang berpengalaman untuk melakukan uji getaran mesin.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan uji getaran (vibrasi) yaitu meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih besar lagi pada mesin industri sehingga dapat menghemat cost untuk perawatan dan perbaikan.

Jika mesin terawat dengan baik maka sistem produksi dapat berjalan dengan lancar dan keamanan operator pun ikut terjaga.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai alat uji dan pengukuran juga menjual Vibration Meter berkualitas dengan harga bersahabat.

Informasi lebih lengkapnya silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045 & Email: sales@testingindonesia.com Atau bisa juga memanfaatkan layanan fitur chating online yang ada di pojok kanan website ini.

 




Produk Terkait dengan artikel Ini Alasan Kenapa Uji Getaran pada Mesin Industri Harus Dilakukan

TV120 Vibration Tester
TV120 Vibration Tester
Vibration Pen TV260
Vibration Pen TV260
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | MK-21
Vibration Meter | VIBCHECK
Vibration Meter | VIBCHECK