Phone / Whatsapp

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Inilah Lembaga yang Khusus Menguji Kualitas Produk Tekstil

Ternyata selain untuk Lembaga pengujian kesehatan dan kehalanan, ada juga Lembaga yang khusus menguji kualitas bahan pakaian. Pengujian ini sangat cocok untuk konveksi pakaian yang tersebar di seluruh Indonesia seperti konveksi Surabaya, Bandung, Jakarta dan kota lainnya yang memiliki banyak pabrik konveksi.

OEKO-TEX Association sebuah Lembaga asal Swiss yang bergerak di bidang pengujian independent khusus untuk menentukan standart kemanan pada setiap level produksi pakaian.

Pengujian yang dilakukan sangat ketat, mulai dari pembuatan benang yang akan dipakai untuk produksi hingga aksesoris yang terpasang pada pakaian. Misalkan, jika pada pakaian terdapat kancing dan ritsleting maka keduanya akan diuji juga.

 

 

Perusahaan ini melakukan pengujian berbagai macam produk tekstil dan garmen. Selain quality control, OEKO-Tex Association juga melakukan pemeriksaan kandungan zat kimia yang berbahaya pada tekstil. Lembaga ini pertama kali melakukan pengujian pada 1992 dan sekarang sudah menjadi langganan banyak perusahaan di berbagai negara.

OEKO-Text meimiliki ketentuan STANDARD 100 yang berisi ketentuan nilai batas, kriteria uji dan juga metode pengujian dengan dasar ilmu pengetahuan.

Berdasarkan fungsi pemakaian dan beragam jenis produk tekstik yang dibuat, OEKO-Tex Association membuat klasifikasi pengujian produk menjadi empat kelas, yakni:

Kelas Produk I

Kelas ini berfungsi untuk melakukan pengujian pada tekstil dan mainan yang terbuat dari tekstil untuk bayi dan ana-anak yang masih berusia tiga tahun. Beberapa jenis produk yang diuji diantaranya adalah baju untuk mainan anak, sprei, selimut dan juga mainan anak yang lunak.

Kelas Produk II

Umumnya sebagian besar tekstil permukaannya akan langsung bersentuhan denagn kulit, seperti blus, kaus kaki, kemeja, kaos oblong, handuk dan produk garmen lainnya. Produk ini digunakan oleh anak-anak yang berusia diatas 3 tahun dan juga dewasa.

Kelas Produk III

Pengujian ini dilakukan untuk produk yang tidak bersentuhan secara langsung dengan kulit tubuh atau hanya sedikit saja permukaan yang tersentuh kulit, seperti jaket, mantel, sweater dan produk lainnya yang biasa dipakai ketika di luar ruangan.

Kelas Produk IV

Pengujian ini dilakukan untuk bahan tekstil yang digunakan sebagai dekorasi interior agar tampilan ruangan terlihat indah. Beberapa produk yang diuji adalah taplak mejai, gorden, tirai dan kulit jok.

Selain pengujian yang dilakukan oleh OEKO-Text, ada juga pengujian yang dilakukan untuk menguji kekuatan bahan kain yaitu dengan melakukan uji tarik. Pengujian ini menggunakan mesin uji yang disebut tensile test machine.




Produk Terkait dengan artikel Inilah Lembaga yang Khusus Menguji Kualitas Produk Tekstil

Tensile Strength Tester Ut-2060
Tensile Strength Tester Ut-2060
Tensile Strength Tester Ut-2080
Tensile Strength Tester Ut-2080
Tensile Strength Tester Ut-3100
Tensile Strength Tester Ut-3100
Tensile Strength Tester Ut-3200
Tensile Strength Tester Ut-3200