Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Inspeksi Tangki menggunakan 3D Laser Scanner

Dalam industri yang membutuhkan tangki besar, inspeksi pada tangki perlu dilakukan sebagai bagian dari maintenance. Inspeksi pada tangki bisa dilakukan dengan 3d laser scan.

3D Laser Scanner adalah alat yang bisa menangkap bentuk objek fisik kemudian ditampilkan ke komputer, data yang sudah dikumpulkan akan berbentuk 3D yang berguna untuk kebutuhan pembangunan atau proyek. 3D Laser Scanner dapat membuat titik awan atau point clouds dari permukaan objek yang dipindai dalam bentuk geometric.

3D Laser Scan untuk Modeling Tangki

Fungsi laser scan dalam analisis tangki yaitu untuk mendapatkan point cloud dari tangki yang akan diinspeksi. 3d laser scanner harus bisa mendapatkan seluruh bagian dari tangki, sehingga memudahkan dalam pembentukan model 3d.

Point Cloud Tangki

Proses selanjutnya yaitu registrasi dari hasil scan tersebut, setelah terbentuk point cloud dari registrasi tersebut maka dapat dilakukan proses selanjutnya yaitu cleaning. Cleaning adalah proses untuk membuang atau menghapus objek – objek di luar tangki yang akan dimodelkan. Proses ini mempermudah modeler dalam membangun objek 3d.

Setelah proses cleaning, proses selanjutnya yaitu membuat mesh modeling atau model permukaan tangki. Model permukaan inilah yang akan membentuk tangki seperti keadaan sebenarnya.

Bentuk tangki yang seperti aslinya atau model as is akan digunakan sebagai analisis dasar (base analysis). Permukaan yang terlihat seara langsung seringkali berbeda dengan hasil yang didapatkan oleh mesh modeling ini. Lekukan kecil tidak akan terlihat secara visual, bahkan dalam gambar hasil mesh model, lekukan seringkali tidak terlihat oleh mata, karena itulah analisis perlu dilakukan.

3D Mesh Tangki

Analisis Inpeksi 3D

Setelah mesh model terbentuk, maka proses inspeksi 3d (3D inspection) dapat dilakukan pada permukaan tangki. Analisa ini akan membentuk warna berbeda di setiap permukaan. Dalam hal ini harus ada acuan yang pasti sehingga permukaan yang melengkung dapat teridentifikasi atau terlihat.

Permukaan yang melengkung ini bisa berupa lengkungan ke dalam atau ke luar. Perbedaan warna dari permukaan tangki menunjukkan kelengkungan permukaan yang dianalisa.

3D Inspection

Selain 3D inspection, analisis tangki bisa ditambahkan dengan melebarkan permukaan menjadi color map. Dengan melebarkan permukaan tangki akan lebih mudah melakukan Analisa secara visual.

Selain 3D Inspection, analisis bisa ditambahkan dengan membentangkin permukaan menjadi color map. Dengan membentangkin permukaan tangki maka akan lebih mudah secara visual dilakukan Analisa.

 

Panas pada Tangki

 

 

Testing Indonesia jual 3d laser scanner serta menyediakan jasa 3d laser scan dengan alat berkualitas dan engineering yang handal. Informasi lebih lanjut hubungi 021-2956-3045 (Office), sales@testingindonesia.com (Email), 0813-9929-1909 (Whatsapp).


Sumber: zonaspasial




Produk Terkait dengan artikel Inspeksi Tangki menggunakan 3D Laser Scanner

Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner