Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Mengenal Gas Analyzer

Gas merupakan salah satu dari empat unsur dasar. Gas tidak terlihat oleh mata manusia karena terdapat pemisah partikel gas yang sangat besar. Perlu Anda ketahui bahwa komposisi dan proporsi gas dapat diukur menggunakan Gas Analyzer.

Gas analyzer adalah alat yang dapat mengukur jenis gas karbon dioksida (CO2), oksigen (O2), dan karbon monoksida (CO). Gas analyzer sudah dilengkapi dengan system print dan dapat menampilkannya pada laptop. Alat ini tidak hanya mengukur gas, tapi juga bisa memberikan nilai pengukuran kuantitas yang ditampilkan dengan bentuk grafik atau angka.

Dalam gas analyzer terdapat beberapa komponen penting, salah satunya adalah sensor. Sensor dalam gas analyzer ini berfungsi untuk mendeteksi dan mengukur kadar gas tertentu sesuai dengan sensor yang digunakan.

Pada produksi kendaraan, kendaraan yang akan digunakan harus lolos uji emisi gas buang supaya tidak terjadi pencemaran udara, merusak lapisan ozon, dan lainnya. Uji emisi gas dari kendaraan dapat menggunakan gas analyzer ini. Terdapat jenis gas analyzer yang bentuknya tidak terlalu besar dan bisa dibawa kemana pun, yaitu portable gas analyzer.

Fungsi Gas Analyzer

Fungsi gas analyzer adalah:

  • Mengetahui efektifitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin dengan cara menganalisis kandungan karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang terkandung dalam gas
  • Membantu penyetelan campuran udara dan bahan bakar dengan tepat
  • Mendapat kondisi pasti kinerja mesin kendaraan yang digunakan apakah dalam kondisi bagus atau tidak.
  • Mengetahui kerusakan pada bagian mesin kendaraan dengan cara melihat kandungan hidrokarbon (HC).
  • Mengukur kadar emisi gas buang kendaraan.
  • Mengoptimalkan proses pada pabrik semen.

Prinsip Kerja gas analyzer

Prinsip kerja gas analyzer adalah mengambil gas dari probe lalu masuk ke sample cell masing – masing lalu sampel gas akan dibandingkan dengan gas standar melewati pemancaran sistem. Setelah itu gas analyzer akan menghasilkan perbedaan Panjang gelombang dan dikonversi menjadi sinyal analog oleh receiver.

Jika ada error, maka gas analyzer akan kembali diatur melalui panel control. Hasil pengukuran emisi gas udara pada kendaraan adalah CO2, O2, CO, dan HC.

Monoksida (CO)

Hasil pengukuran memiliki nilai idealnya masing – masing. Seperti monoksida (CO) untuk menunjukkan efisiensi pembakaran pada silinder. Pembakaran pada kendaraan roda empat yang efisien adalah sekitar 0,2 sampai 1,5% dengan nilai ideal 0,5%. Untuk kendaraan roda empat yang masih menggunakan karburator nilai efisiennya skitar 1 sampai 3,5% dengan nilai ideal 1 – 2%.

Karbon Dioksida (CO2)

Nilai Karbon Dioksida (CO2) biasanya mengacu pada hasil pembakaran yang ada di dalam mesin kendaraan. Nilai ideal untuk mesin adalah 12% karena semakin besar nilainya makan pembakaran akan semakin bagus. Artinya energi yang digunakan semakin banyak. Jika mesin kendaraan memiliki nilai ideal kurang dari 12% kemungkinan besar ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

Hidro Karbon (HC)

Hidro karbon akan mendeteksi sisa bensin yang terbuang pada pembuangan gas dari mesin seperti knalpot. Nilai ideal dari hidro karbon tidak boleh lebih dari 300 ppm. Karena jika semakin besar nilainya maka mesin akan menjadi boros dan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Oksigen (O2)

Jika sebuah kendaraan memiliki gas oksigen terlalu banyak maka itu menandakan proses pembakaran yang tidak efisien dalam mesin. Oksigen memiliki nilai ideal yang tidak boleh lebih dari 2%. Jika melebihi 2% maka kemungkinan besar terjadi kebocoran pada sistem gas pembuangan mesin.

Testing Indonesia jual gas analyzer berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk membantu Anda dalam melakukan uji emisi gas atau keperluan lainnya. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor 021 2956 3045 atau sales@testingindonesia.com




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Gas Analyzer

LGT-100 Cross Stack & In-Situ Laser Gas Analyzer
LGT-100 Cross Stack & In-Situ Laser Gas Analyzer
EM-5P Portable Flue Gas Analyzer
EM-5P Portable Flue Gas Analyzer
FT-2000P Portable FTIR Gas Analyzer
FT-2000P Portable FTIR Gas Analyzer
EM-5 Flue Gas Analyzer
EM-5 Flue Gas Analyzer