Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Modeling Gardu Listrik dengan 3D Laser Scanner (BIM)

Pemodelan 3D atau 3D Scanning telah mengubah cara kerja dalam perencanaan, perancangan, pembangunan, dan pengelolaan infrastruktur baik untuk individu, bisnis, atau pemerintahan. Building Information Modeling (BIM) telah mengubah cara kerja para ahli arsitektur untuk meningkatkan koordinasi dan pengerjaan ulang berkat model 3D yang akurat, mudah diakses, dan ditindaklanjuti.

Sertogal SL menggunakan 3d laser scanner untuk membuat model BIM yang akan membantu renovasi dan perluasan gardu listrik Mera di provinsi Ourense, Spanyol. Proyek ini nantinya akan menyerap energi yang dihasilkan dari 17 kincir angin/wind farm yang akan dibangun di daerah tersebut.

Laser scanning untuk pemodelan BIM

Langkah pertama yang dilakukan sebelum perencaan renovasi dan perluasan gardu yaitu mengukur jarak, sudut, dan area dengan akurasi milimetri. Sertogal SL mengambil gambar gardu induk dengan 3d laser scanner dan membuat point clouds yang didapat dengan teknologi GNSS.

3D Laser scanner dapat dengan mudah disesuaikan untuk memindai bangunan, gardu induk, atau Menara listrik dengan tegangan tinggi. Laser scanning memungkinkan untuk mengambil gambar gardu tanpa harus memasuki area bertegangan tinggi yang berbahaya dan berisiko.

Akurasi tinggi dan minimnya noise di point cloud yang dihasilkan memungkinkan Sertoga SL untuk bekerja di dalam struktur gardu yang kompleks untuk mendapatkan model BIM yang mirip dengan aslinya.

Post processing, modeling, dan pengelolaan point cloud dilakukan dengan software pemroses point cloud. Data as-built point cloud gardu diimpor ke Autodesk Revit untuk membuat model BIM, dan Autodesk Navisworks digunakan untuk memasukan elemen elemen ke dalam model BIM.

Dokumentasi

Berikut yang didapat oleh Sertogal dalam Model as-built 3D gardu induk:

  • Kondisi sekitar gardu
  • Pengukuran jarak
  • Analisis Gardu

Ini menciptakan rencana awal untuk gardu induk dan lingkungan sekitarnya. Volume data yang besar memungkinkan pemodelan yang sangat akuran dari elemen dan struktur yang merupakan bagian dari gardu.

Model BIM dari gardu induk memungkinkan para stakeholder untuk melihat seluruh gambar gardu yang diambil, ditambah visualisasi dari berbagai bagian dan elemen dengan informasi terkait.

Kabel, tabung, isolator, pemutus sirkuit dan sebagainya, dikelompokkan dalam satu sistem. Hal ini memungkinkan semua pihak yang terlibat dalam pemodelan ulang atau remodeling untuk meninjau bagaimana perkembangan gardu yang diproyeksikan akan terlihat dan bagaimana perubahan akan terlihat.

Model ini akan membantu untuk melakukan renovasi dan pengelolaan untuk ke depannya, dan akan mengubah alur kerja dengan akurat dengan cara yang lebih produktif.

Mengapa harus memiliki BIM?

Semakin banyak perusahaan di seluruh dunia yang mulai memahami nilai dan manfaat BIM pada kelangsungan proyek bangunan dan infrastruktur.

Meningkatnya permintaan untuk proyek-proyek BIM telah meyakinkan Sertogal SL tentang peluang untuk memposisikan diri sebagai pelopor di Spanyol, menawarkan layanan BIM untuk beberapa proyek pemeliharaan dan renovasi.

Pemerintah di seluruh dunia, seperti Kementerian Pekerjaan Umum di Spanyol, merekomendasikan untuk menggunakan BIM, berikut manfaat dari BIM:

  • Mengurangi durasi proyek dan waktu siklus alur kerja tertentu.
  • Meningkatkan kolaborasi dan koordinasi di setiap tahap proyek.
  • Mengurangi kesalahan dan kelalaian dengan dokumentasi yang akurat.
  • Membuat bisnis dengan menawarkan layanan baru.
  • Meningkatkan keuntungan, dan kurangi biaya konstruksi dan pemborosan.

Para ahli harus dilengkapi dengan 3d laser scanner yang memberikan presisi, kecepatan, ketepatan, dan kualitas data yang sangat baik untuk membuat model BIM. 3D Laser scanner dapat membantu menciptakan model tersebut yang memberikan informasi yang tepat sehingga manajer dapat memahami risiko dan dapat membuat keputusan yang tepat untuk menyampaikan proyek secara bertanggung jawab meskipun ada kendala waktu.

Testing Indonesia jual 3d laser scanner dan menyediakan jasa 3d laser scanning untuk pemodelan BIM. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 021 2956 3045 (Office), sales@testingindonesia.com (email), 0813 9929 1909 (Whatsapp, Bpk. Zulfikri).

Sumber: leica-geosystems




Produk Terkait dengan artikel Modeling Gardu Listrik dengan 3D Laser Scanner (BIM)

Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner