Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Monitoring Keamanan Kereta Commuter dari Konstruksi Bangunan

Kota-kota di seluruh dunia perlu membangun, memelihara, dan memperluas infrastruktur, terutama sistem transportasi umum, untuk menggerakkan orang, baik itu pengusaha, pelajar, pekerja, atau yang lainnya untuk menjaga agar suatu negara dan ekonominya tetap berjalan.

Meskipun kemungkinan besar yang terlintas pertama kali dalam pikiran adalah membangun atau memperbaiki infrastruktur, ada kegiatan penting lainnya seperti pemantauan/monitoring. Kegiatan tersebut tanpa disadari sangat membantu para insinyur dan perancang untuk memahami dampak pergerakan struktural dari infrastruktur dan material. Untuk mengurangi resiko infrastruktur diperlukan pemantauan dini dan tepat.

Infrastruktur yang membantu banyak orang, baik itu jalan, jembatan, bendungan, bangunan dan kereta commuter mengalami bahaya faktor lingkungan dan tekanan beban. Tekanan dan resiko terhadap infrastruktur dapat berasal dari penggunaan langsung tetapi bisa juga dari faktor lain, seperti lokasi konstruksi dan penggalian di dekatnya.

Seperti kasus sistem kereta commuter bagian utara Luas di Dublin, Irlandia di mana pembangunan gedung komersial dibangun untuk mengatasi meningkatnya permintaan akomodasi siswa. Konstruksi tersebut dipantau menggunakan Robotic Total Station untuk memastikan tidak mengganggu sistem transportasi.

Dengan enam puluh tujuh stasiun dan lintasan sepanjang 42,5 kilometer, sistem kereta ringan Luas Dublin dengan aman mengangkut 41,8 juta penumpang pada 2018. Untuk meminimalkan kekhawatiran saat ini dan di masa depan terkait keselamatan dan integritas struktural Luas, Datum Monitoring Ireland (bagian dari Lloyds Datum Group), sebuah perusahaan khusus dalam pemantauan jarak jauh pengerjaan tanah, struktur dan infrastruktur transportasi, menganalisis data sistem kereta commuter Luas secara terus menerus melalui sistem pemantauan khusus.

Peringatan 24 jam

LDG Datum diminta oleh Walls Construction untuk menyediakan sistem peringatan yang efektif, akurat dan dapat diandalkan yang akan beroperasi selama 24 jam dan memberi tahu para stakeholder dalam waktu yang hampir bersamaan, jika batas melebihi spesifikasi. Sistem pemantauan diperlukan untuk memenuhi persyaratan desain, peraturan dewan lokal dan kode praktik Transport Infrastructure Ireland (TII), tanpa mengganggu operasi kereta commuter kapan saja. Tim di LDG Datum juga harus memastikan tidak ada objek fisik di trem. Metode Tradisional melibatkan insinyur survei mengambil bacaan manual fisik di jalur kereta, yang dapat menimbulkan bahaya.

Solusi pemantauan meliputi sensor geodetik, geoteknik dan lingkungan serta software pemantauan. Solusi pemantauan LDG Datum untuk proyek ini terdiri dari dua Leica Total Station, dan software pemantauan GeoMoS. Solusi ini memungkinkan pemantauan gerakan non-intrusif, oleh karena itu, area tersebut dapat tetap terbuka untuk seluruh durasi proyek tanpa gangguan untuk layanan publik atau kereta commuter.

Aktivitas inti di tempat Datum adalah untuk menyediakan pemindaian terus menerus dari jalur kereta ringan ganda Luas menggunakan Robotic Total Station. Alat ini memindai trem ganda secara terus menerus dan meng-host data secara langsung ke halaman web yang aman bagi pihak terkait untuk diperiksa.

Tim juga menggunakan pemantauan getaran dengan menggunakan Sound Level Mikrofon untuk menangkap getaran yang ditimbulkan oleh tanah yang timbul dari pekerjaan di lokasi dan menggunakan sensor perpindahan induktif untuk memantau pergerakan retakan dari retakan yang ada pada struktur. Stasiun pemantauan debu terus menerus, lebih lanjut, di mana digunakan untuk menangkap tingkat partikel PM10, atau polusi partikel, di area lokal.

Menangkap data akurat hanyalah permulaan

Tugas pemantauan utama menangkap semua heave atau settlement (ketinggian vertikal tanah) dari jalur trem cahaya melalui pemindaian laser dengan Total Station. Untuk menjaga area lintasan rel bebas dari rintangan, tidak ada prisma di atau dekat lintasan. Oleh karena itu, ratusan titik tanda di sepanjang bagian terdekat rel diukur dengan pemindaian laser.

Pemindaian yang ditangkap terdiri dari ribuan titik pengukuran dengan koordinat X, Y, Z, memungkinkan untuk mendeteksi outlier (kesalahan) dan memastikan bahwa posisi (area) yang diinginkan diukur dengan cara yang tepat, bahkan di bawah beban normal lalu lintas jalur kereta commuter dan area pejalan kaki yang berdekatan.

Tiga pemindaian awal menetapkan garis dasar untuk mendapatkan pemindaian referensi. Semua pemindaian selanjutnya dibandingkan dengan pemindaian referensi mereka dan menghitung deformasi median antara referensi dan pemindaian berikutnya. Nilai ini digunakan untuk membandingkan dengan batas yang ditentukan. Kode praktik TII meminta untuk menyalakan alarm jika terjadi perpindahan. Sistem menyediakan lansiran otomatis yang memberi tahu stakeholder yang ditunjuk ketika nilai melampaui batas yang ditentukan.

Data yang dipindai yang ditangkap oleh Total Station dikumpulkan melalui GeoMoS dan di-host di situs web yang aman LDG sehingga klien dan TII dapat memiliki visibilitas penuh dari data yang tercatat saat ini dan sebelumnya. Proses yang dibuat khusus ini, mulai dari perolehan data hingga analisis deformasi, sepenuhnya otomatis.

Mengurangi resiko

Semua data yang dikumpulkan dan diproses melalui GeoMoS diurus oleh para stakeholder yang mendapat informasi tentang stabilitas kereta ringan Luas selama pekerjaan konstruksi di dekat kereta commuter sambil mencegah gangguan apa pun pada pengerjaan. Dengan keberhasilan yang terbukti dalam proyek ini, Datum mereplikasi sistem pemantauan otomatis ini pada semua proyek trem di sepanjang garis Luas.

Kontraktor, seperti Walls Construction, dapat mengurangi resiko sebelum dan setelah konstruksi dengan terus memantau proyek seiring berjalannya proyek tersebut. Sistem pemantauan Geosystem mendeteksi dan membantu memperbaiki potensi masalah dalam struktur apa pun sebelum situasi menjadi kritis atau lebih buruk di luar kendali.

Testingindonesia jual robotic total station dan jual total station untuk memenuhi kebutuhan monitoring pada konstruksi bangunan. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 021 29563045 atau melalui email sales@testingindonesia.com

 

sumber: leica-geosystem

 

 




Produk Terkait dengan artikel Monitoring Keamanan Kereta Commuter dari Konstruksi Bangunan

Robotic Total Station TM50
Robotic Total Station TM50
Robotic Total Station TS13
Robotic Total Station TS13
Robotic Total Station TS60
Robotic Total Station TS60
Robotic Total Station TS16
Robotic Total Station TS16