Phone / Whatsapp

0813 9929 1909 (Zulfikri)

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

Phone Office

+62-21 29563045







Percepat Rekonstruksi Bangunan dengan 3D Laser Scanner (BIM)

Sangat menantang untuk memenuhi persyaratan kualitas untuk rekonstruksi dan modernisasi proyek bangunan yang rumit. Semakin rumit bangunan, semakin banyak waktu yang dihabiskan arsitek untuk melakukan pengukuran. Apalagi pengukuran manual, biasanya hasilnya tidak akurat dan tidak lengkap untuk akses ke bagian-bagian tertentu dari struktur yang sulit dijangkau.

Rekonstruksi sebuah bangunan bersejarah berusia 100 tahun, yang terletak di pusat kota Moskow. Rekonstruksi tersebut akan menjadi pekerjaan yang memakan waktu lama dan berliku-liku jika pengembang real estate, KR Properties, tidak beralih ke 3D Laser Scanner.

3D Laser scanner memungkinkan untuk memperoleh dokumentasi model as-built terbaru dengan data point cloud, menciptakan model 3D yang memungkinkan untuk rekonstruksi bangunan bertingkat dua yang tidak terawat tersebut, yang awalnya bekas toko anggur di lantai pertama dan Gudang anggur di ruang bawah tanah, hingga kini menjadi apartemen eksklusif.

3 langkah pembuatan BIM dengan 3d laser scanning

Biro arsitektur dan teknik Alllevels, perancang rekonstruksi umum, menyadari lantai bawah tanah bangunan tersebut memiliki tata letak yang rumit, dinding tidak rata, dan mencong ke arah vertikal. Dengan pengalaman Building Information Modeling (BIM) sejak 2013, Alllevels memilih 3d laser scanner sebagai alat pengukuran yang efektif dan Trimetari Consulting LLC sebagai penyedia jasa.

Pengerjaan ini dilakukan dengan tiga langkah:

  • Pemindaian laser pada bangunan
  • Pemrosesan data untuk mendapatkan model dan panorama BIM 3D
  • Pekerjaan rekonstruksi bangunan.

Pengerjaan yang 10 kali lebih cepat

Dengan permukaan 7.000 meter persegi, ruang bawah tanah, dua lantai, dan atap, bangunan tersebut discan selama tiga hari oleh dua 3d laser scanner. 3D Laser Scanner Leica ScanStation P20 adalah solusi yang luar biasa karena memiliki kecepatan dan akurasi yang tinggi, serta gambar panorama. Menurut perhitungan arsitek, pengukuran manual akan memakan waktu setidaknya satu bulan.

Setelah itu, mereka menggunakan Leica Cyclone REGISTER yaitu software untuk mendaftar dan georeferensi data laser scan ke sistem koordinat umum, data diekspor menjadi 2 yaitu panorama spherical ke Leica TruView dan sebagai point cloud berwarna ke paket software desain Autodesk.

Model 3D untuk dianalisis

Tugas pertama dan paling penting untuk pemrosesan data adalah untuk mendapatkan model bangunan yang mirip dengan aslinya di Autodesk Revit. Untuk mempercepat proses, Leica CloudWorx sebagai plug-in Revit digunakan untuk mengotomatisasi pemodelan struktur, dan memvisualisasikannya secara efisien dan membuat model BIM dari set data point cloud besar, membuat gambar 2D dan 3D dengan Autodesk Revit.

Point cloud dan model as-builts memungkinkan untuk menghitung biaya pekerjaan rekonstruksi. Untuk rekonstruksi di Autodesk Revit, stage tool sangat berguna untuk menentukan dalam proyek tahap kunci pekerjaan dan untuk pemasangan dan pembongkaran objek. Dengan demikian, model BIM lengkap dari semua jenis pengerjaan dibentuk dalam satu file dengan dokumentasi dan spesifikasi yang tepat. Semua objek yang dibangun dibuat pada konstruksi baru dan semua objek yang ada menerima tahap yang ada, dan jika perlu, pembongkaran dapat dilakukan. Ini memungkinkan tidak hanya mendokumentasikan tahapan yang berbeda, tetapi juga untuk menerima spesifikasi dan tampilan tiga dimensi dengan pengaturan tampilan elemen apa pun.

Selain itu, banyak pengerjaan pengukuran sederhana diselesaikan hanya dengan menggunakan panorama spherical di TruView. Yaitu software untuk mengakses, melihat, menganalisis dan berkolaborasi menggunakan data realitas digital sangat berguna untuk menganalisis utilitas yang ada yang terletak di ruang bawah tanah.

Software ini memungkinkan untuk melihat panorama dari laser scanner apa pun, melakukan pengukuran dan memasukkan anotasi, mempermudah interaksi dengan pelanggan atau rekan kerja. Engineer dapat melihat dan mengukur secara detail menggunakan panorama spherical di dalam ruangan, secara signifikan mengurangi biaya tenaga kerja.

Rekonstruksi Bangunan menggunakan 3D Laser Scanner

Rekonstruksi bangunan bersejarah ini adalah contoh yang jelas tentang bagaimana teknologi survei geospasial dapat mempercepat pekerjaan rekonstruksi. Berkat 3d laser scanner dan software point cloud, proyek ini diselesaikan hanya dalam tiga bulan, yang secara signifikan lebih cepat daripada pengerjaan manual:

  • Pekerjaan lapangan diselesaikan dalam tiga hari kerja, pengerjaan manual membutuhkan waktu sebulan
  • Pembuatan model 3D memakan waktu 30 hari, pengerjaan manual membutuhkan waktu tiga bulan
  • Desain selesai dalam dua bulan, pengerjaan manual membutuhkan waktu empat bulan.

Tahap akhir dari pemrosesan data dan pembuatan gambar dan model, adalah proses yang memakan waktu lama, terutama jika ada pengukuran tambahan dan perhitungan ulang. Masalah-masalah ini dapat diselesaikan dengan 3d laser scanner, yang memungkinkan untuk mengotomatisasi proses pengukuran, tetapi juga untuk menyediakan data output dalam format yang sesuai/diinginkan.

3D Laser scanner adalah teknologi yang paling pas untuk perancang dan arsitek, yang memberikan keuntungan sebagai berikut:

  • Akurasi dan level yang detail
  • Kecepatan pengukuran
  • Otomatisasi tinggi selama pengerjaan
  • Interaksi yang kuat dengan lingkungan CAD.

Proyek rekonstruksi dan modernisasi BIM, berdasarkan data 3d laser scanner, tidak hanya cepat dan akurat, tetapi juga memungkinkan desain workflow dan interaksi baru antara semua pengelola proyek.

Testingindonesia.com jual 3d laser scanner dan menyediakan jasa 3d laser scanning. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi 021 2956 3045 (Office), sales@testingindonesia.com (email), 0813 9929 1909 (Whatsapp, Bpk. Zulfikri)




Produk Terkait dengan artikel Percepat Rekonstruksi Bangunan dengan 3D Laser Scanner (BIM)

Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica BLK360 Imaging Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica RTC360 3D Laser Scanner
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P40 / P30 - High-Definition 3D Laser Scanning Solution
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner
Leica ScanStation P50 – Long Range 3D Terrestrial Laser Scanner